Penanganan Masalah Remaja Melalui Sufi Parenting

Authors

  • Bahruddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Akhmad Hasan Saleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/akdimas.v1i1.1444

Keywords:

parenting, kenakalan remaja, sufi parenting

Abstract

Remaja merupakan masa perkembangan antara usia anak-anak dan dewasa. Pada masa ini, remaja mengalami pertumbuhan emosional yang tinggi, sehingga mereka mudah mengalami permasalahan-permasalahan sosial jika tanpa pendampingan dan pendidikan yang tepat di keluarga. Inilah peran orang tua dalam mengerem laju masalah kenakalan remaja. Secara umum penyebab kenakalan remaja bisa dipicu karena pergaulan bebas; menganggap dirinya sudah besar jadi melarang orang tua ikut campur dalam urusannya; selalu berfikir bahwa dirinya itu sudah besar sehingga berbuat sesukanya; adanya konflik; akibat terlalu jauh dalam berpacaran; kurangnya motivasi hidup dari orang di sekitarnya; dan kurangnya perhatian dari orang tua. Kondisi inilah yang membuat tim ini melaksanakan pelatihan Sufi Parenting dalam membantu menangani kenakalan remaja memberikan pembekalan bagi orang tua tentang pendidikan anak usia remaja.

Melalui pelatihan Sufi Parenting diharapkan para orang tua terbantu untuk menyiapkan diri dengan lebih cepat dan tepat sekaligus sebagai langkah penyelesaian masalah remaja yang sudah ada dan terjadi di Kabupaten Pamekasan. Kegiatan pelatihan mencakup materi tentang pendidikan anak khususnya tentang pengetahuan masalah anak, remaja dan seksualitas dalam keluarga dan masyarakat ditujukan pada remaja dan orang tua di Kecamatan Pamekasan Kelurahan Parteker, Kelurahan Patemon, Kelurahan Kolpajung, Kelurahan Bugih, dan Kelurahan Barurambat Kota Kabupaten Pamekasan telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pendidikan anak khususnya pengetahuan masalah anak, remaja dan seksualitas dalam keluarga dan masyarakat ditujukan pada remaja dan orang tua di kelurahan-kelurahan tersebut telah terlaksana dengan baik.

References

Ayranci, Evren dan F Semercioz. 2011. The Relationship Between Spiritual Leadership and Issues of Spirituality and Religiosity; A Study of Top Turkish Managers. International Journal of Bussiness and Management, Vol. 6 No 4, April

Cheng, A. S. & Fleischmann, K. R. 2010. Developing a Meta Inventory of Human Values. ASIST: Pittsburg

Friedman, A. 1974. Type A Behavior and Your Heart, New York: Alfred A. Knopf, hal. 84.

Rokeach, M. 1973. The Nature of Human Values. New York: The Free Press. Hocking, DE., MD Myers dan SN Cairns. Toward a Model for The Use of Spirituality in Teaching Accounting. Journal of Academic and Bussiness Ethics.

Khanifar, Hossein., Gholamreza Jandaghi dan Samereh Shojaie. 2010. Organizational Consideration between Spirituality and Professional Comitment. European Journal of Social Sciences, Vol 12 Number 4.

Dr. Erma Pawitasari. 2014. Problematika Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam, Islamia, volume IX, No.1.

M. Ihya’ Ulumiddin, 2017, Nasroh Tausyiah Pondok Nurul Haromain, Nuha Production, Malang

M. Fauzi Rahman, Islamic Parenting, (Jakarta: Erlangga, 2011), hlm.4

A., Doni Koesoema, 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.Jakarta: Grasindo.

Yusuf, Syamsu. 2009. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakar

Downloads

Published

28-06-2023

How to Cite

Bahruddin, & Saleh, A. H. . (2023). Penanganan Masalah Remaja Melalui Sufi Parenting. Aktualisasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.30762/akdimas.v1i1.1444

Issue

Section

Articles