Urgensi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Dzakiyatul Farikhah
  • Nur Sikin Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.116

Keywords:

The role of parents, Islamic Education, Children, Peran Orang Tua, Pendidikan Agama Islam, Anak

Abstract

Abstract: The parents have an important role in determining the direction of their children education, namely as the main and first madrasah. Therefore, this study aims to analyze the urgency of the role of parents, including the use of strategies in the selection of Islamic Religious education with supporting and inhibiting factors that accompany it. The type of research used is field research with qualitative descriptive approach and involve 3 parents with 3 children in the Dangkel, Parakan Temanggung. The results of this research are (1) parents act as educators and the main motivators for children in undergoing education; (2) the strategy used through the material of faith, worship and morality with the methods of exemplary, habituation, advice and punishment; (3)supporting factors include the basic religion of good parents, comfortable and loving family condition. While the inhibiting factors arise from the surrounding environment, such as peers who always invite to play and out of the time.

Abstrak: Peran orang tua sangat besar dalam menentukan arah pendidikan yang akan dijalani oleh anak, yakni sebagai madrasah yang utama dan pertama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi peran orang tua tersebut, meliputi penggunaan strategi dalam pemilihan pendidikan agama Islam dengan faktor pendukung dan penghambat yang mengiringinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Adapun Responden penelitian dengan 3 keluarga atau orang tua dan 3 anak didusun Dangkel, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Hasil penelitian menyebutkan bahwa (1) orang tua berperan sebagai tenaga pendidik dan motivator anak yang utama dalam menjalani pendidikan; (2) strategi yang digunakan melalui materi akidah, ibadah dan akhlakul karimah dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman; (3) faktor pendukung meliputi basic agama orang tua yang baik, keadaan  keluarga  yang nyaman dan penuh kasih sayang. Sedangkan faktor penghambat muncul dari lingkungan sekitar, seperti teman sebaya yang selalu mengajak bermain dan tidak kenal waktu.

References

Akilasari, Y., Risyak, B., & Sabdaningtyas, L. (2015). Faktor Keluarga, Sekolah dan Teman Sebaya Pendukung Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(5), 1–13.

An-Najar. (2014). Berbuat Baik Ibadahnya Orang Sholeh. Media Cipta Qilati.

Anshori, H. (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan. Usaha Nasional.

Arif, A. (2002). Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat Press.

Azwar. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bafadhol. (2017). Pendidikan Akhlak dan Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islam, 6(1), 45–61.

Budiyono, M. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.

Daradjat, Z. (1995). Psikolog dan Kesehatan. Pustaka Setia.

Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Harahap, S. (2005). Penegakan Moral Akademik di dalam dan di luar Kampus. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber BelajarIlmu Pengetahuan Sosial. Journal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1. https://doi.org/10.33474/elementaris.v1i1.2737

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 105–115.

Muhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Ma’arif.

Mustofa. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Cendekia, 5(1).

Rohmad. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Penelitian. Klimedia.

Sadik, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Shofi, U. (2007). Kiat-kiat Mendidik Anak ala Rasulullah agar Cahaya Mata makin Bersinar. Surakarta: Afra Publishing.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga (Revitalisasi Peran Keluarga dalam membentuk karakter Anak membentuk Perspektif Islam). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Farikhah, D., & Sikin, N. . (2022). Urgensi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Islam. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 23–34. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.116

Issue

Section

Articles