IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN ERA COVID-19 DI SANGGAR TAHFIDZ ENTREPRENEUR KRIAN SIDOARJO

Authors

  • Torikhul Wasyik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdulloh Hamid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.2194

Keywords:

Implementasi, E-Learning, Video Call

Abstract

Abstract: This research is a way to find out the implementation of E-Learning Alquran using video call at the Tahfidz Sanggar entrepreneur Junwangi Krian Sidoarjo, especially in the corona virus pandemic, because in the habit of memorizing the Koran in general, throughout the Tahfidz Islamic boarding school the Koran always uses the Talaqqi method face to face. is a descriptive method with a qualitative approach. The data collection technique is by interview, observation and documentation. The subject of the study includes the Director of Tahfidz Sanggar Entrepreneur, Waka Tahfidz, Supervising Teachers, Students and Students of Tahfidz Sanggar Entrepreneurs. The findings in this study are the implementation of the Qur'an talaqqi with Call Whatsapp video works well because there are three supporting factors, namely the first factor of discipline in learning Tahfidz. which is good by covering all the elements for starting the guiding teachers, the students. the second factor is the supervision of both parties, both the tutor teacher and parents, the third factor is the selection of the right application in the implementation of this talaqqi activity, Whatsapp video calls are simple and easy to access by all parties both teachers and students. The barrier factor is the disruption of the internet network or run out of data quota. The conclusion is that the implementation of talaqqi Alquran using Whatsapp video call is going well. And the solution to removing the above obstacles is by giving a free monthly quota package to the tutor.

Abstrak: Penelitian ini adalah merupakan cara untuk mengetahui implementasi E-Learning Alquran menggunakan video call di Sanggar tahfidz entrepreneur Junwangi Krian Sidoarjo khususnya di masa pandemi virus korona, karena dalam kebiasaanya menghafal Alquran pada umumnya di seluruh Pondok pesantren tahfidz Alquran selalu menggunakan metode Talaqqi face to face. Metode penelitian adalah metode Diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Subjek penelitian meliputi Direktur Sanggar tahfidz entrepreneur, waka tahfidz, guru pembimbing, santri dan santriwati sanggar tahfidz entrepreneur.Temuan dalam penelitian ini adalah adanya Implementasi talaqqi Alquran dengan video Call Whatsapp berjalan dengan baik karena terdapat tiga faktor pendukung yaitu faktor pertama tata tertib dalam pembelajaran tahfidz yang bagus dengan mencakup kepada seluruh elemen bagi mulai para guru pembimbingnya, para santri. faktor kedua adanya pengawasan dari kedua belah pihak baik guru pembimbing dan orang tua, faktor ketiga pemilihan aplikasi yang tepat didalam pelaksanaan kegiatan talaqqi ini yaitu Video call Whatsapp yang simpel dan mudah di akses oleh semua pihak baik guru dan santri. Adapun faktor penghalangnya adalah adanya ganggunan jaringan internet atau kehabisan kouta data. Kesimpulannya bahwa implementasi talaqqi Alquran memakai video call Whatsapp berjalan dengan baik. Dan solusi menghilangkan hambatan di atas dengan memberikan paket kouta gratis setiap bulannya kepada guru pembimbing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, K. (2020). surat edaran Dirjen Pendis kemenag No.285.1 Tahun 2020 tentang upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek edisi revisi.

Budi utomo. (n.d.). https://www.tagar.id/whatsapp-pengertian-sejarah-dan keunggulannya. 23 Mei 2019, 12.00 WIB.

Hadi, S. (2000). Metodologi Penelitian.

Harsono. (2008). Etnografi Pendidikan sebagai desain penelitian kualitatiftle.

Hasan bin Ahmad bin hasan hamam. (2008). Menghafal Alquran itu mudah.

Makarim, N. A. (n.d.-a). Surat edaran Nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan corona virus Disease (Covid-19) pada satuan pendidikan.

Makarim, N. A. (n.d.-b). surat edaran Nomor2 tahun 2020 tentang pencegahan dan penganan Corona.

Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. (p. 16).

Moleong, J. L. (2009). Metodologi penelitian kualitatif.

Munawwir, A. W. (2002). Kamus Al Munawwir.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik kualitatif.

Penyakit, D. J. pencegahan dan P. (n.d.). Pedoman pencegahan dan pengendalian CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19).

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran Di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122-133.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia Ericha Windhiyana Pratiwi Universitas Kristen Satya Wacana The Impact Of Covid-19 On Online Learning Activities Of A. Ilmu Pendidikan, 34(1), 1-7.

Pratiwi, N. I. (2017). yang muncul kemudian. Perkembangan teknologi media elektronik modern misalnya telah menyatukan individu dalam sebuah jaringan komunikasi yang lebih bersifat instan yang disebut. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224.

Purbo, O. W. (2003). E-Learning dan Pendidikan.

Qawi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di Mtsn Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 16(02), 265-283.

Rizky, P. kevin. (n.d.). No Title. 29 April 2020.

Rusman, Kurniawan Deni, C. R. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Sa'dulloh. (2010). 9 cara praktis menghafal.

Salafudin. (2018). Salafudin, Ngaji Metal Metode talqin,.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dan R & D.

Suryosubroto. (2003). Manajemen Pendidikan Sekolah.

Wahyono, E. (n.d.). https://m.detik.com/news/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri. Minggu, 26 April 2020, Pukul 07.38 WIB

Published

2020-06-30

How to Cite

Wasyik, T., & Hamid, A. (2020). IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN ERA COVID-19 DI SANGGAR TAHFIDZ ENTREPRENEUR KRIAN SIDOARJO. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(1). https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.2194

Issue

Section

Articles