Alih Kode dan Interferensi Bahasa pada Penyuluh Pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk

Authors

  • Ervina Damayanti Universitas Islam Kadiri
  • Tira Masyita Khusna Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.1295

Keywords:

alih kode, interferensi, penyuluh pertanian

Abstract

Abstrak: Penelitian yang berjudul Alih Kode dan Interferensi Bahasa pada Penyuluh Pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tuturan penyuluh pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk ketika memberi penyuluhan kepada petani. Analisis data dilakukan melalui penyediaan data, reduksi, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) alih kode berwujud tingkat tutur antara lain  dari bahasa Jawa Ngoko ke dalam bahasa Jawa Madya, serta dari tingkat tutur bahasa Jawa Madya ke bahasa Jawa Ngoko; 2) alih kode yang berwujud alih bahasa antara lain, alih bahasa dari bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia  dan alih bahasa dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa; dan 3) interferensi antara lain, interferensi fonologis, morfologis, dan leksikal. Penyebab terjadinya alih kode dan interferensi pada penyuluh pertanian serta masyarakat tutur di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk yaitu, 1) latar belakang penutur, 2) faktor   penyesuaian, dan 3) sarana mengakrabkan diri dan 4) faktor kebiasaan.

Kata kunci: alih kode, interferensi, penyuluh pertanian

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhar, I.N., Pamungkas, D. (2011). Sosiolinguistik: Teori dan Praktik. Surabaya: Lima-lima Jaya.

Chaer, Abdul, dan Agustina, L. J. (2004). Sosiolinguistik:Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanah, N., Hudiyono, Y., & Farih Agustian, J. (2020). Adjektiva Educational Languages and Literature Studies Analisis Variasi Bahasa Pada Komunitas Di Jejaring Sosial Whatsapp: Kajian Sosiolinguistik. 3(2), 26–32.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Srategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.

Pangemanan, F. N. (2021). Jurnal Governance. 1(2), 1–10.

Saddono, K. (2009). Pengantar Sosiolinguistik. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. (2000). Interferensi bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukoyo, J. (2011). INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM ACARA BERITA BERBAHASA JAWA “ KUTHANE DHEWE ” DI TV BOROBUDUR SEMARANG. Jurnal Lingua, VII(2), 95–103.

Sumarsono. (2013). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Damayanti, E., & Khusna, T. M. (2023). Alih Kode dan Interferensi Bahasa pada Penyuluh Pertanian di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 111–123. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.1295

Issue

Section

Articles