Makna Pada Kumpulan Puisi dalam Akun @aksarataksa di Instagram dengan Pendekatan Mimetik

Authors

  • Nuri Azkia Kamal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Syarif Hidayatullah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1657

Keywords:

Puisi; karya sastra; pendekatan mimetik

Abstract

Pendekatan mimetik bertolak dari universe (realita), work (karya), artist (pencipta), dan audience (pembaca). Di mana pendekatan mimetik termasuk ke dalam universe (realita), realita sebagai objek faktual dalam karya sastra. Pendekatan mimetik mengutamakan pada ikatan karya sastra dengan realitas yang ada di luar karya sastra tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam setiap puisi dalam akun @aksarataksa. Puisi yang diunggah dalam akun @aksarataksa menggambarkan fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini meggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan hasil analisis berupa kata dengan cara mendeskripsikan. Hasil analisis puisi dalam akun @aksarataksa menunjukkan bahwa puisi tersebut memiliki makna yang menggambarkan kehidupan sehari-hari sesuai dengan gambaran yang telah diberikan oleh Abrams, di mana universe (realita) sebagai objek faktual yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan oleh peneliti pada akun Instagram @aksarataksa, pendekatan mimetik cocok digunakan dalam menganalisis makna yang terdapat pada puisi yang diunggah dalam akun @aksarataksa karya Robi Aulia Abadi.

References

Genakama, J. (2019). Analisis Fenomena Sosial Dalam Kumpulan Puisi “Selamat Menunaikan Ibadah Puisi” Karya Joko Pinurbo Melalui Pendekatan Mimetik. In Undiksha Repository.

Lafamane, F. (2019). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama).

Nurfalah, R., Permana, I., & Sakti Yani, A. (2021). Analisis Puisi “Semakin Erat, Semakin Hilang” Karya Khoirul Trian Dengan Menggunakan Pendekatan Mimetik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 173(1).

Nurnazilia, A., Nasution, H., & Rahmawati. (2022). Analisis Makna pada Puisi “Percakapan Malam Hujan” Karya Sapardi Djoko Damono Genakama, J. (2019). Analisis Fenomena Sosial Dalam Kumpulan Puisi “Selamat Menunaikan Ibadah Puisi” Karya Joko Pinurbo Melalui Pendekatan Mimetik. In Undiksha Repository.

Lafamane, F. (2019). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama).

Nurfalah, R., Permana, I., & Sakti Yani, A. (2021). Analisis Puisi “Semakin Erat, Semakin Hilang” Karya Khoirul Trian Dengan Menggunakan Pendekatan Mimetik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 173(1).

Nurnazilia, A., Nasution, H., & Rahmawati. (2022). Analisis Makna pada Puisi “Percakapan Malam Hujan” Karya Sapardi Djoko Damono Dengan Menggunakan Pendekatan Mimetik. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya (Protasis), 1(1).

Rahayu, I. (2014). Analisis Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer Dengan Pendekatan Mimetik. Deiksis-Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).

Tussaadah, N., Sobari, T., & Permana, A. (2020). Analisis Puisi “Rahasia Hujan” Karya Heri Isnaini Denga Menggunakan Pendekatan Mimetik. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(3).

Wasidatun, R., Azizah, R. N., & Wafa, I. (2023). Pendekatan Mimetik dalam Antologi Puisi Surat dari Ibu Karya Asrul Sani. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).

Winarti, O: (2019). Gambaran Pendidikan Pesantren pada Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi: Pendekatan Mimetik. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Zulfahnur. (2014). Lingkup Ilmu Sastra: Teori Sastra, Sejarah, dan Kritik Sastra, serta Hubungan antara Ketiganya.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Azkia Kamal, N., & Hidayatullah, S. . (2023). Makna Pada Kumpulan Puisi dalam Akun @aksarataksa di Instagram dengan Pendekatan Mimetik . Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 173–182. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1657

Issue

Section

Articles