Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Konten Iklan Produk Kecantikan di Media Sosial Instagram

Authors

  • Ilmatus Sa'diyah Prodi Linguistik Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Selviana Novantia Berlianti Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Zaki Mubarok Prodi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Yudia Elisa Redani Prodi Pariwisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1696

Keywords:

iklan, kesalahan berbahasa, media sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan berbahasa di dalam konten iklan di media sosial, khususnya Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan saat ini baik oleh pengguna regular maupun pengguna bisnis. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu postingan berisikan iklan produk yang memiliki kesalahan berbahasa di dalam caption-nya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu postingan akun resmi @scarlett_whitening, @whitelab_id, dan pada akun @msglowbeauty. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi berupa tangkapan layar sedangkan teknik analisisnya yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini terdapat beberapa kesalahan berbahasa, diantaranya yang paling sering ditemukan yaitu penggunaan bahasa asing (bahasa gaul) bersamaan dengan bahasa Indonesia, kesalahan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, dan penggunaan kata yang tidak baku.

References

Ibrahim, M. (2015). Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitaif . 2015 (1), 28.

Iftinan, Q. T., & Sabardila, A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Status dan Komentar di Media Sosial Twitter. Jurnal Bastrindo, 2(1), 45–56. https://doi.org/10.29303/jb.v2i1.141.

Kholifah, U. & Sabardila, A. (2020). Analisis Kesalahan Gaya Berbahasa Pada Sosial Media Instagram Dalam Caption dan Komentar. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 15(3), 352–364. https://doi.org/10.14710/nusa.15.3.352-364.

Ningrum, I. S. E., Purnami, L. E., & Lestari, A. T. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Unggahan Pamflet Media Sosial Instagram. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 99. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4095.

Nugrahani, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305. Sitompul, P. & Harahap, S. M. (2021). Kesalahan Berbahasa dalam Media Sosial di Kalangan.

Mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan pada Kajian Fonologi. Jurnal Basasasindo, 1(1), 29–33.

Rosdiana, dkk. (2019). Ketidakefektifan Kalimat Pada Caption Instagram Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Winaya Mukti. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 9(2), 67–78. https://doi.org/10.23969/literasi.v9i2.1149.

Wirahyuni, K. (2019). Penilikan Kesalahan Berbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Konteks Sosial-Masyarakat Di Ruang Publik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(1), 68. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i1.17366.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Sa’diyah, I., Berlianti, S. N., Mubarok, M. Z., & Redani, Y. E. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Konten Iklan Produk Kecantikan di Media Sosial Instagram. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 134–148. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.1696

Issue

Section

Articles