Pragmatik Sastra Pada Urgensi Komunikasi Tokoh Film Noktah Merah Perkawinan

Authors

  • M. Badrus Solichin Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Indonesia
  • Nur Lailatus Sa'adah Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.2104

Keywords:

pragmatik sastra, urgensi komunikasi, film Noktah Merah Perkawinan

Abstract

ABSTRAK: Film menjadi salah satu media yang unggul di antara media massa lainnya, pengaruh yang diberikan film sangatlah besar bagi kehidupan seseorang, karena film memiliki sebuah rencana khusus untuk mempengaruhi jiwa, pemikiran, gaya hidup, tingkah laku, bahkan sampai perkataan seseorang yang menontonnya. Dalam kehidupan keseharian manusia tidak terlepas dengan komunikasi. Dalam sosial kita selalu berkomunikasi baik dengan keluarga, teman, saudara atau bahkan pasangan suami dan istri. Adapun hal yang sangat penting perannya dalam menjaga keharmonisan kehidupan rumah tangga adalah interaksi dan komunikasi yang sehat antara seluruh anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan urgensi komunikasi tokoh dalam film Noktah Merah Perkawinan dengan Pendekatan Pragmatik. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dalam menganalisis film Noktah Merah Perkawinan menggunakan pendekatan pragmatik. Adapun hasil pembahasan analisis film Noktah Merah Perkawinan ditemukan efek estetis dan efek kebermanfaatan terkait nilai-nilai moral pentingnya komunikasi pernikahan.

References

Amanda, Nita Khairani, and Yayu Sriwartini. 2021. “Pesan Moral Pernikahan Pada Film Wedding Agreement (Analisis Semiotika Roland Barthes).” Jurnal Populis 5(9):1429–48.

Andrianto, Novan. 2022. “Analisis Prakmatis Dalam Toxic Relationship Pada ‘Film Layangan Putus.’” UNTAG Surabaya 36–43.

Hardani. dkk. 2017. Buku Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Lubis, Ramadhan Saleh, Yolandita Octavianty Sipahutar, Jesika Anasthasia Siregar, Sumarni Sumarni Saragih, and Gugun Kristina Silalahi. 2020. “Analisis Kritik Sastra Menggunakan Pendekatan Pragmatik Pada Antologi Cerpen Karya Hasan Al Banna.” Jurnal UNIMED 9(4):122–34.

Najoan, Hardsen Julsy Imanuel. 2015. “Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Menjaga Keharmonisan Keluarga Di Desa Tondegesan II Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa.” E-Journal “Acta Diurna” IV(4):1–8.

Salsabila, Putri Zakia. 2018. “Representasi Relasi Suami Istri Dalam Film Hijab.” Universitas Islam Indonesia.

Solichin, Moh Badrus. Nur Lailatus Sa'adah. " Perempuan dan Kekerasan Prakriti: Resistensi Tokoh Mabel dalam Tanah Tabu Terhadap Budaya Patriarki dan Kapitalisme Freeport". jurnal SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya. Jilid 3 Terbitan 1 Halaman 59-67. 2021.

Solichin, Moh Badrus. "Ketika Alam Dan Perempuan Lembah Baliem Diperkosa Oleh Antroposentrisme Kapitalis: Kajian Ekofeminisme Dalam Novel Tanah Tabu." Semiotika: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik. Jilid 19 Terbitan 1 Halaman 41-50. 2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Gumono, Abednego. 2017. “Analisis Film Denias Dengan Pendekatan Pragmatik.” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13(1):69–78.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Solichin, M. B. ., & Sa’adah, N. L. (2023). Pragmatik Sastra Pada Urgensi Komunikasi Tokoh Film Noktah Merah Perkawinan. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i2.2104

Issue

Section

Articles