Analisis Bentuk Afiksasi Dalam Teks Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sidigede (Kajian Morfologi)
DOI:
https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2517Keywords:
afiksasi, morfologi, teks narasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk morfologi proses afiksasi berupa prefiks, sufiks, dan konfiks pada teks narasi siswa kelas IV SD Negeri 4 Sidigede, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Metode penelitian menggunakan metode deskripsi kualitatif dan metode analisis isi yaitu mendeskripsikan hasil analisis dan kajian terhadap teks narasi yang dibuat oleh siswa. Data yang diperoleh berdasarkan objek kajian meliputi proses morfologi afiksasi dalam bacaan ini ada 3 macam diantaranya, (1) prefiks yaitu afiks yang muncul di awal, (2) sufiks yaitu afiks yang muncul di awal akhiran, dan (3) konfiks, yaitu afiks yang muncul di awal dan satu di akhir kata dasar. Pada hasil analisis ditemukan penggunaan afiksasi sebanyak 159 yang terdiri dari prefiks berjumlah 133, sufiks berjumlah 20, dan konfiks berjumlah 6.
Downloads
References
Cahyani, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 41–49.
Eriyani, D., & Arsanti, M. (2022). Analisis Penggunaan Sufiks dalam Novel “Geez&Ann” Karya Rintik Sedu. Seminar Nasional Daring, 499–503.
Fadhila, A. Z. (2020). Analisis Afiksasi dalam Album “Dekade” Lagu Afgan. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 4(1), 11–18. http://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JILP
Habibie, W. (2021). Proses Morfologi Kata Main. Jurnal Skripsi Mahasiswa, 1–12.
Halil, M. A., & Hilmi, H. S. (2022). Jenis Dan Bentuk Afiksasi Dalam Bahasa Tidore (Tinjauan Morfologi). NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 255–270. https://doi.org/10.55681/nusra.v3i1.158
Harfiani R Setiawan H R. (2019). Model penilaian pembelajaran di paud inklusif. Jurnal Ihya Al-Arabiyah, 5, 235–243.
Herawati, R., Juansah, D. E., & Tisnasari, S. (2016). Analisis Afiksasi Dalam Kata-Kata Mutiara Pada Caption di Media Sosial Instagram dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Membaca, 1(1), 21–32.
Kusuma, S. N. K. (2018). Analisis Penggunaan Prefiks Me- Dan Di- Pada Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah Pangkalpinang Tahun Ajaran 2017/2018. i–11.
Muchti, A., & Oktavidianty, S. (2021). Analisis Penggunaan Afiksasi pada Teks Naratif Mahasiswa BIPA di Universitas Bina Darma Palembang. Silistik, 1(1), 1–8.
Mulawarman, W. G., & Iswanto, Y. (2018). Penerapan teknik bagi unsur langsung (bul) pada identifikasi afiks bahasa dayak benuaq. Jurnal Diglosia, 1(1), 13–18.
Musahadah, Z. S., & Triyono, S. (2019). Fenomena Hijrah Di Indonesia: Konten Persuasif Dalam Instagram. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 117. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.7874
Nurjaman, M. I., Mahajani, T., & Budiana, S. (2015). Analisis Proses Morfologis Afiksasi pada Teks Deskriptif Peserta Didik Kelas VII. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 274–283. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v7i2.4896
Rahmawati, M. (2019). Analisis Penggunaan Afiks pada Karangan Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 14. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72830
Rumilah, S., & Cahyani, I. (2020). Struktur Bahasa; Pembentukan Kata dan Morfem sebagai Proses Morfemis dan Morfofonemik dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 70. https://doi.org/10.30659/j.8.1.70-87
Silitonga, S. N. (2016). Analisis Kesalahan Ejaan dalam Karangan Siswa SD Negeri Gemawang Sinduadi Mlati Sleman. i–8.
Yoga, E. S. P., Rusminto, N. E., & Hilal, I. (2016). Penggunaan Afiks pada Karangan Narasi Siswa SMAN 2 Tulang Bawang Udik. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), September, 1–12.
Yusuf, M., Purawinangun, I. A., & Anggraini, N. (2022). Analisis Afiksasi Pada Teks Eksposisi Karangan Siswa Kelas 8 Smp Bina Mandiri Teluknaga (Kajian Morfologi). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 149. https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5795
Yusuf Sukman, J. (2017). Analisis Pemakaian Morfem Terikat dan Morfem Bebas Pada Lirik Lagu Karya Rossa dalam Album yang Terpilih Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di SMA. Jurnal Griya Cendekia, 7, 483–496.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mely Rohmawati, Tika Aniffartur Rif'ah, Vivin Fitriyani, Rani Setiawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.