Penggunaan Ragam Bahasa Santai dalam Pemasaran Usaha Akomodasi Pariwisata pada Media Sosial Instagram

Authors

  • Aristalia Muftisirod Falkultas Adab dan Bahasa, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Ferdi Arifin Falkultas Adab dan Bahasa, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2736

Keywords:

akomodasi, pemasaran, ragam bahasa santai

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan ragam bahasa santai dalam pemasaran usaha akomodasi pariwisata pada media sosial dengan menggunakan kajian sosiolinguistik. Sumber data penelitian ini adalah unggahan akun Instagram @reddoorzid dan @oyo.indonesia. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif menggunakan kajian sosiolinguistik. Maka dari itu dapat dilihat melalui penjelasan di atas bahwa peneliti akan menganalisis mengenai ragam bahasa santai pemasaran akomodasi pariwisata yang terdapat dalam akun Instagram @reddorzid, dan @oyo.indonesia. Proses pengumpulan data menggunakan teknik simak, teknik catat, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui proses pengumpulan data, mereduksi data, menyiapkan data, dan penarikan simpulan. Teknik keabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik Ini dilakukan dengan meninjau data dari berbagai sumber untuk menggambarkan masalah yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat banyak diksi yang digunakan dalam proses pemasaran akomodasi pariwisata yang menggunakan ragam bahasa santai.

References

Adha, Annisha Dyuli, et al. “Efektivitas Pemakaian Bahasa Iklan pada Media Sosial Instagram dalam Pemasaran UMKM Kuliner Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022, 2022. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/4911-Article%20Text-9408-1-10-20220731%20(1).pdf. Accessed 24 04 2023.

Amilia, F. (2016). Permainan Bahasa Sebagai Inovasi Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 97-106.

Annur, C. M. (2023, 03 07). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia (Januari 2022 - Januari 2023). Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/07/jumlah-kunjungan-turis-asing-ke-indonesia-merosot-1778-pada-awal-2023

Asep Supriadi. (2021, March 22). Ragam Baku Tulis dan Ragam Baku Lisan. Repository UNIKOM. Retrieved April 17, 2023, from https://repository.unikom.ac.id/68244/1/B%2C%20Indo%202.rtf.

Benafita. (2022, April 18). Apa itu Pemasaran? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya! Niagahoster. Retrieved April 26, 2023, from https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-marketing/

BPS. (2022). Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia 2022. In W. S. Rahmad Basuki, Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya di Indonesia 2022 (pp. 11-13). Jakarta: © Badan Pusat Statistik/BPS-Statistics Indonesia.

Chaer, Abdul. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Rineka Cipta. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/KAJIAN%20SOSIOLINGUISTIK.pdf

Dafa, J. (2020, November 2). Apa Itu Ragam Bahasa? Apa Saja Macam Ragam Bahasa? Halaman 1. Kompasiana.com. Retrieved April 16, 2023, from https://www.kompasiana.com/javidafa4485/5f9fca8ad541df210c24e282/apa-itu-ragam-bahasa-serta-macam-ragam-bahasa

Imaningrum, D. (2005). YoI. B0 No, 2, JuIi 2005. UKWK Institutional Repository. Retrieved April 17, 2023, from http://repository.ukwk.ac.id/jspui/bitstream/123456789/44/1/DIAH%20IMANINGRUM%20RAGAM%20BAHASA%20HUKUM.pdf

Istiani, Nurul, and Athoillah Islamy. (2020). “Fikih Media Sosial Di Indonesia.” Asy Syar’Iyyah: Jurnal Ilmu Syari’Ah Dan Perbankan Islam 5(2):202–25. doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

Joos, Martin, (1967). The Five Clocks: A Linguistic Excursion into The Five Styles of English Usage. New York: Harcourt, Brace & World.

Kadir, P. A. (2022). Potensi Pengembangan Usaha Akomodasi dan Kuliner di Gorontalo Sekolah Vokasi-Universitas Negeri Gorontalo. JurnalVokasi.ac.id, 63-73.

Kemp, S. (2023, January 26). Digital 2023: Global Overview Report — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. Retrieved April 24, 2023, from https://datareportal.com/reports/digital-2023-global-overview-report

Mahdi., M. Ivan. n.d. “Pengguna Media Sosial Di Indonesia Capai 191 Juta Pada 2022.” Dataindonesia.Id. Retrieved Oktober 3, 2022 (https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.).

Malabar, S. (2015). Sosiolinguistik (1st ed.). Ideas Publishing.

Moleong Lexy, (2002), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : CV. Remaja, hal 11.

Muakhor, Nur.( 2021). “Variasi Bahasa Dalam Jual Beli Online / Marketplace Instagram.” Jurnal Diksatrasia 5(2):206–11.

Oktavia, Wahyu, and Nur Hayati. 2020. “Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019).” Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya 1(1):1–15. doi: 10.22515/tabasa.v1i1.2607.

Rahel Widiawati, Media Sosial dan Ekonomi Industri Kecil : Sebuah Studi Kualitatif (Yogyakarta : Deepublish, 2015 ), Hlm.72

Rulli Nasrullah, (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi Cet.kedua, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.

Sadya, S. (2023, February 22). Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat di Dunia pada Awal 2023. Data Indonesia. Retrieved May 3, 2023, from https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023

Simarta, G. (2017, 06 24). Pemasaran Hotel. Jurnal Mutiara Manajemen, Vol.2, No.1. Retrieved April Kamis, 13, 2023, from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/384

Subagyo, G. I. (2020). Hubungan Personalisasi Iklan, Keterlibatan Konsumen, dan Manfaat Strategis Terhadap Nilai dalam Konteks: Studi Empiris dari Perspektif Ekosistem Layanan. Kajian Branding Indonesia, Vol.2, No.1(1).

Totok Rudianto*1, Mislinawati2, Glarian Tri Audi3. 2020. “2891-Article Text-11022-1- 10-20201204.”

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Muftisirod, A., & Arifin, F. (2024). Penggunaan Ragam Bahasa Santai dalam Pemasaran Usaha Akomodasi Pariwisata pada Media Sosial Instagram. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 34–47. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2736

Issue

Section

Articles