Penggunaan Alih Kode Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Lenteng (Kajian Sosiolinguistik)

Authors

  • Rizal Afandi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Sumenep , Indonesia
  • Qurratul Aini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Pendidikan, STKIP PGRI Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2826

Keywords:

alih kode, penjual, pembeli, sosiolinguistik

Abstract

Sebagai makhluk sosial manusia tidak lepas dari komunikasi antara sesama, baik secara lisan ataupun tulisan. Akibatnya menimbulkan beberapa kecenderungan penggunaan variasi bahasa diantaranya berupa alih kode demi keberlangsungan sebuah interaksi antara komunikator dan komunikan. Alih kode adalah gejala peralihan dari bahasa satu ke bahasa lain akibat perubahan situasi dan kondisi. Penelitian ini berisi sebuah peristiwa alih kode yang terjadi di Pasar Lenteng tepatnya di Kabupaten Sumenep, Madura. Serangkaian kegiatan yang ada di dalamnya mulai dari pengenalan produk, tawar-menawar, hingga proses transaksi jual beli tidak lepas dari peristiwa alih kode. Peralihan bahasa yang terjadi dalam berbagai kegiatan didominasi oleh peralihan  dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah yaitu bahasa Madura. Penelitian ini diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus terpancing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Appel, Rene., Gerad Huber, dan Guus Maijer. 1976. Sosiolinguistiek. Utrech – Antwerpen: Het Spectrum.

Chaer, abdul., Agustina, Leonie. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Dwi Lestari, N., & Sukmawati, A. . (2023). Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.892

Fishman, J.A. (Ed). 1976. “The Relationship betwwn Micro and Macro Sosiolinguistics in The Study Who Speaks What Language to Whom and When” dalam Pride dan Holmes (Ed.) 1976: 15 – 32.

Maduwani, dkk. 2024. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Johar. Translation and Linguistics (Transling). 4 (1): 34-48. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Johar | Maduwani | Translation and Linguistics (Transling) (uns.ac.id)

Mustikawati. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (2): 23—32. 141 (umpo.ac.id)

Nurjanah, E. (2023). Kajian Semantik Penamaan Makanan Khas di D.I. Yogyakarta. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.893

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Afandi, R., & Aini, Q. . (2024). Penggunaan Alih Kode Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Lenteng (Kajian Sosiolinguistik). Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2826

Issue

Section

Articles