Penggunaan Alih Kode Antara Penjual dan Pembeli di Pasar Lenteng (Kajian Sosiolinguistik)
DOI:
https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.2826Keywords:
alih kode, penjual, pembeli, sosiolinguistikAbstract
Sebagai makhluk sosial manusia tidak lepas dari komunikasi antara sesama, baik secara lisan ataupun tulisan. Akibatnya menimbulkan beberapa kecenderungan penggunaan variasi bahasa diantaranya berupa alih kode demi keberlangsungan sebuah interaksi antara komunikator dan komunikan. Alih kode adalah gejala peralihan dari bahasa satu ke bahasa lain akibat perubahan situasi dan kondisi. Penelitian ini berisi sebuah peristiwa alih kode yang terjadi di Pasar Lenteng tepatnya di Kabupaten Sumenep, Madura. Serangkaian kegiatan yang ada di dalamnya mulai dari pengenalan produk, tawar-menawar, hingga proses transaksi jual beli tidak lepas dari peristiwa alih kode. Peralihan bahasa yang terjadi dalam berbagai kegiatan didominasi oleh peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa daerah yaitu bahasa Madura. Penelitian ini diperoleh menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus terpancing.
Downloads
References
Appel, Rene., Gerad Huber, dan Guus Maijer. 1976. Sosiolinguistiek. Utrech – Antwerpen: Het Spectrum.
Chaer, abdul., Agustina, Leonie. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Dwi Lestari, N., & Sukmawati, A. . (2023). Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.892
Fishman, J.A. (Ed). 1976. “The Relationship betwwn Micro and Macro Sosiolinguistics in The Study Who Speaks What Language to Whom and When” dalam Pride dan Holmes (Ed.) 1976: 15 – 32.
Maduwani, dkk. 2024. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Johar. Translation and Linguistics (Transling). 4 (1): 34-48. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Johar | Maduwani | Translation and Linguistics (Transling) (uns.ac.id)
Mustikawati. (2015). Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (2): 23—32. 141 (umpo.ac.id)
Nurjanah, E. (2023). Kajian Semantik Penamaan Makanan Khas di D.I. Yogyakarta. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.893
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizal Afandi, Qurratul Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.