Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Menggunakan Teknik Cloze Test Pada Siswa Kelas VIII Tingkat SMP

Authors

  • Nurul Dwi Lestari Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbuyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Oumer Mekonnen College of Humanities, Language Studies, Journalism and Comunications, Addis Ababa University, Ethiopia
  • Niken Nuralifvah Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbuyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Novi Nur Alfiyah Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbuyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.3012

Keywords:

keterbacaan wacana, cloze test, membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana siswa kelas VIII SMP menggunakan teknik tes rumpang (cloze test). Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Tahapannya mencakup tahap pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data dalam laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan wacana I berada pada tingkat independen, wacana II dan III pada tingkat instruksional.

References

Bahdar, R. (2016). Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas Vii Dengan Cloze Test Pada Siswa Smpn 3 Tarowang Kab. Jeneponto. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 71. https://doi.org/10.26618/jk.v1i2.181

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Rineka Cipta.

Djajasudarma, F. T. (1993). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. PT.Eresco.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(2), 293. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i2.4428

Saptono, D., Fitrianingsih, Ningsih, T. W. R., & Sampurna, T. M. (2013). Readability Test. 5(4), 8–9.

Suharyono. (2022). Teknik Cloze Procedure Meningkatkan Ketrampilan Menulis Caption Siswa Kelas Xii Mipa-4 Sma Negeri 3 Purworejo. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 170–179. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1331

Wardani, T. D. (2020). Penggunaan Diksi Pada Wacana Sederhana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pgri Palangka Raya). Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 69–79. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/160

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Lestari, N. D., Mekonnen, O., Nuralifvah, N., & Alfiyah, N. N. (2024). Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Menggunakan Teknik Cloze Test Pada Siswa Kelas VIII Tingkat SMP. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 56–64. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.3012

Issue

Section

Articles