Analisis Tingkat Keterbacaan Wacana Menggunakan Teknik Cloze Test Pada Siswa Kelas VIII Tingkat SMP
DOI:
https://doi.org/10.30762/narasi.v2i1.3012Keywords:
keterbacaan wacana, cloze test, membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbacaan wacana siswa kelas VIII SMP menggunakan teknik tes rumpang (cloze test). Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Tahapannya mencakup tahap pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data dalam laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan wacana I berada pada tingkat independen, wacana II dan III pada tingkat instruksional.
Downloads
References
Bahdar, R. (2016). Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas Vii Dengan Cloze Test Pada Siswa Smpn 3 Tarowang Kab. Jeneponto. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 71. https://doi.org/10.26618/jk.v1i2.181
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Rineka Cipta.
Djajasudarma, F. T. (1993). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. PT.Eresco.
KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Reni Anggraeni, A. Y. L. S. (2018). Keterbacaan Buku Ajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Pertama (Text Book Readability of Indonesian Language in Junior High School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 7(2), 293. https://doi.org/10.20527/jbsp.v7i2.4428
Saptono, D., Fitrianingsih, Ningsih, T. W. R., & Sampurna, T. M. (2013). Readability Test. 5(4), 8–9.
Suharyono. (2022). Teknik Cloze Procedure Meningkatkan Ketrampilan Menulis Caption Siswa Kelas Xii Mipa-4 Sma Negeri 3 Purworejo. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 170–179. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1331
Wardani, T. D. (2020). Penggunaan Diksi Pada Wacana Sederhana (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pgri Palangka Raya). Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 69–79. https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/160
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Dwi Lestari, Oumer Mekonnen, Niken Nuralifvah, Novi Nur Alfiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.