Fokalisasi pada Novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik Karya Boy Chandra (Kajian Naratologi Genette)

Authors

  • Chici Al Wafiq Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3649

Keywords:

Fokalisasi, Novel, naratologi, Gerard Gennete

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dan fungsi perubahan fokalisasi dalam novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik karya Boy Chandra. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mendengarkan dan mencatat. Teknik analisis menggunakan teori fokalisasi Gerard Genette sebagai pisau analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif oleh Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian fokalisasi dalam novel menunjukkan adanya fokalisator internal dan eksternal. Hal ini ditandai dengan beberapa fokalisator yang memfokuskan cerita karakter yang diceritakan berdasarkan apa yang diketahui dan dialami (internal) dan keberadaan fokalisator yang menggunakan perspektif dari luar cerita (eksternal). Tidak ada fokalisasi nol dalam novel karena dalam isi novel terjadi fokalisasi dari karakter itu sendiri. Tidak ada narator mahatau yang menceritakan tokoh utama dan lainnya. Dalam novel karya Boy Chandra tersebut terdapat pergantian fokalisator terkait unsur-unsur intrinsik novel, sehingga fungsi memfokuskan penceritaan pada setiap bab yang disajikan juga berbeda dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariesandi, D. (2017). Analisis Unsur Penokohan dan Pesan Moral dalam Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 105–124.

Chandra, Boy. (2021). Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik. Depok: Sigikata.

Didipu, H. (2019). Teori Naratologi Gerard Genette (Tinjauan Konseptual). Telaga Bahasa, 7(2), 163–172.

Jambak, M. R., Masadi, M. A., & Hasanah, U. (2023). Fokalisasi pada Novel Ranah 3 Warna Karya Ahmad Fuadi: Kajian Naratologi Gerard Genette. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra,

Oki, F. S., Didipu, H., & Lantowa, J. (2023). Struktur Penceritaan dalam Novel Mualaf Karya John Michaelson: Tinjauan Naratologi Gerard Genette. Jurnal Sinestesia, 13(1).

Pribadi, R., Lustyantie, N., & Zuriyati, N. N. (2021). Bentuk Fokalisasi dalam Novel Mencari Perempuan yang Hilang Karangan Imad Zaki: Kajian Naratologi. SUSASTRA: Jurnal Ilmu Susastra dan Budaya, 10(1).

Putri, I. R., Afandi, A. N., & Cahya, D. P. (2022). Fokalisasi pada Novel Tentang Tere Liye Kajian Naratologi Gerart Genette. In Journal of Science, Education and Studies.

Ramadhan, F., Sulastri, S., & Devi, R. (2023). Gerard Genette Naratology on Gender Inequality from Alex L. Tobing’s Mekar Karena Memar. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 6(2), 1-20.

Rokhmansyah. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saputra, K., & Septia, E. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Di Dalam Novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik Karya Boy Candra. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 3(1), 248-262.

Suri, I. (2019). Menyelisik Peran Narator dalam Novel Noruwei No Mori Karya Haruki Murakami: Indonesia. Jurnal Ilmiah Langue and Parole, 3(1), 28-33.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Wafiq, C. A. (2024). Fokalisasi pada Novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik Karya Boy Chandra (Kajian Naratologi Genette). Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 130–143. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3649

Issue

Section

Articles