Implementasi Metode Bermain Peran dalam Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Teks Negosiasi

Authors

  • Moh. David Bahtiar Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Indonesia
  • Rizki Zahratun Nisak Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Indonesia
  • Rosiana Putri Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, Indonesia
  • Moh. Fikri Zulfikar Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri, Indonesia
  • Moh. Abdul Haq Kafabih Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3808

Keywords:

berbicara, bermain peran, teks negosiasi

Abstract

Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Pembelajaran berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang penting untuk diajarkan pada jenjang SMP. Dengan adanya pembelajaran ketarampilan berbicara ini, diharapkan para siswa dapat menyampaikan atau mengungkapkan ide, gagasan, dan pemikiran secara baik, serta melatih kepercayaan diri. Pembelajaran berbicara dilakukan melalui latihan, tidak hanya menyuguhkan teori-teori berbicara. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Metode penelitian yang diterapkan adalah metode studi literatur. Untuk melatih keterampilan berbicara dapat menggunakan metode ulang ucap, memerikan, menjawab pertanyaan, bertanya, pertanyaan menggali, reka cerita gambar, bercerita, melanjutkan, wawancara dan metode bermain peran. Teknik penilaian dari keterampilan berbicara ini dapat diambil melalui keberhasilan berbicara siswa dengan cara melakukan praktik berbicara dalam teks negosiasi di depan teman-temannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ati, A. P. (2015). KETERAMPILAN BERBICARA DALAM NEGOSIASI. Jakarta: Journal Applied Buisiness and Economics.

Cahyani, I. (2012). Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Agama Republik.

Hamzah B. Uno (2008). Pcrcncanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iib Marzuqi, M. (2019). Keterampilan Berbicara dalam Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: CV Istana.

Margono, S. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuqi, Iib. 2012. Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Teori dan Implementasi. Surabaya: Istana.

Nupus, M. H., & Parmiti, D. P. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa Sd Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 198-203.

Nurhidayah, & Firmansyah, A. (2015). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jual Beli di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 164.

Retno, D.R. dkk. 2012. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Mapel Bahasa Indonesia. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Press.

Sumadi. 2010. Penilaian Hasil Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Indonesia dengan Pendekatan Komunikatif. Malang: Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No.2.

Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Setyonegoro, dkk. (2020). Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Jambi: Komunitas Gemulun Indonesia.

Tamala, T., & Nurmanik, T. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Bercerita.

Tarigan, Hendri Guntur. 1985. Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Moh. David Bahtiar, Nisak, R. Z., Putri, R., Zulfikar, M. F., & Kafabih, M. A. H. (2024). Implementasi Metode Bermain Peran dalam Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Teks Negosiasi. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(2), 161–176. https://doi.org/10.30762/narasi.v2i2.3808

Issue

Section

Articles