Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi

Authors

  • Nurul Dwi Lestari Tadris Bahasa Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
  • Aprilia Sukmawati Tadris Bahasa Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.892

Keywords:

fonologi, kemasan produk, penambahan fonem, penghilangan fonem, perubahan fonem

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kesalahan penambahan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong; 2) mendeskripsikan kesalahan penghilangan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong; 3) mendeskripsikan kesalahan perubahan fonem pada kemasan produk makanan dan minuman di toko kelontong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kemasan pada produk makanan dan minuman di toko kelontong.  Dari hasil analisis penelitian ini diperoleh hasil bahwa sebagian besar kesalahan berbahasa Indonesia berkaitan dengan penulisan yang menyangkut dalam tataran fonologi. Pada kemasan produk makanan dan minuman yang ada di toko kelontong masih terdapat kesalahan penulisan berupa a) penghilangan fonem, b) penambahan fonem, c) perubahan fonem. Pemberian nama pada kemasan produk makanan dan minuman yang menyimpang dalam tataran fonologi umumnya dilakukan dengan sengaja; tujuannya adalah untuk memberi kesan menarik agar pembeli tertarik dan membeli produk tersebut.

References

Afriyani, I., & Purawinangun, I. A. (2017). Analisis Kesalahan Fonem Pada Spanduk di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat-Tangerang. Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, 41-49.

Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriyanti. (2017). Pelesapan dan Perubahan Fonem dalam Menyanyikan Lagu Anak-Anak Usia 5 Tahun di TK Uminda Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar

Keraf, G. (1984). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Prianto, A., Bagiya, & Faizah, U. (2018). Kajian Fonologi Kemasan Makanan dan Minuman pada Produk Indofood dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis di Kelas VIII SMP. Surya Bahtera, 284-293.

Rahardi, K. (2009). Bahasa Prevoir Budaya: Catatan Unik & Aktual Ihwal Masalah-masalah Kebahasaan. Yogyakarta: PINUS.

Tarigan, H.G. & Djago, T. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Dwi Lestari, N., & Sukmawati, A. . (2023). Analisis Perubahan Fonem dalam Kemasan Produk Makanan dan Minuman: Kajian Fonologi. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.892

Issue

Section

Articles