Menulis Surat Pribadi kepada Presiden RI sebagai Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
DOI:
https://doi.org/10.30762/narasi.v1i1.934Keywords:
menulis, pembelajaran berbasis proyek, surat pribadiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan pembelajaran bermakna yang menghasilkan sebuah produk berupa karya. Metode yang digunakan yakni deskriptif kulitatif. Metode ini memotret kegiatan pembelajaran apa adanya. Pembelajaran yang dilakukan yakni menulis surat pribadi. Agar pembelajaran menulis surat pribadi menjadi pembelajaran bermakna maka maka dipilih tema “menulis surat pribadi kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo”. Model yang digunakan untuk mencapai kompetensi dan kebermaknaan dipilih model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Dalam pembelajaran menulis surat pribadi kepada presiden, pembelajaran berpusat pada peserta didik sedangkan guru sebagai fasilitator, mulai dengan merencanakan, melaksanakan,sampai pada terwujudnya produk berupa surat yang dikirimkan kepada presiden melalui kantor pos terdekat. Isi surat memuat pengalaman kontektual dan harapan pribadi peserta didik kepada presiden terkait peristiwa aktual. Produk berupa 27 pucuk surat pribadi kepada presiden ini dalam waktu tiga bulan setelah pengiriman mendapatkan balasan dari Kesekretariatan Negara.
Downloads
References
Astuti, Heni. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas dengan Model Project Based Learning untuk Siswa SMP/MTs Kelas 7.
Azkani. (2022). Menulis Surat Pribadi. www.guepedia.com.
Daryanto dan Mulyo Raharjo. (2021). Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarya: Gava Media.
Fathurohman, Muhammad. (2016). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global.
Mulyasa. (2018). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarta.
Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2),421-442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanti, Rosidah Tinenti. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP). Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwi Suparti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.