Manajemen Program Mahir Bahasa Arab di Lembaga Kursus Naatiq
DOI:
https://doi.org/10.30762/alwasil.v2i2.2591Keywords:
Bahasa Arab, Lembaga Kursus, Manajemen ProgramAbstract
Salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Arab adalah dengan mengambil pelajaran di lembaga kursus. Setiap lembaga khusus kursus tentunya memiliki manajemen pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara deskriptif manajemen program Mahir Bahasa Arab yang dilaksanakan di lembaga kursus Naatiq International Arabiyah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan untuk analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa empat fungsi manajemen, yaitu (1) perencanaan; merancang beberapa program yang sesuai dengan kebutuhan peserta kursus dan menentukan materi serta bahan ajar yang digunakan pada setiap program. (2) pengorganisasian; menentukan pembagian kelas dan pembagian tutor yang mengajar. (3) pelaksanaan; kelas mubtadi' dan mutawassith melaksanakan kegiatan istima', hiwar (percakapan), hafalan mufrodat, kegiatan best speaker. Kelas mutaqoddim melaksanakan kegiatan istima', penulisan makalah, latihan debat. (4) monitoring atau evaluasi; dilakukan kepada peserta kursus secara nonformal yaitu dengan penilaian akumulatif oleh tutor.
Downloads
References
Akbar, G., & Prasetyo, B. B. (2022). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Akademik Almadinah. Taqdir, 8(1), 19–33. https://doi.org/10.19109/taqdir.v8i1.9150
Aziz, M. H., Nawawi, M. S., & Alfan, M. (2020). Pembelajaran Maharah Kalam pada Program Kursus Bahasa Arab Pondok Pesantren Darul Lughah wad Dirasatil Islamiyah. Nady Al-Adab, 17(1), 13–28. https://doi.org/10.20956/jna.v17i1.8630
Farhad, & Sa’diyah, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al Kahfi Bogor). Rayah Al-Islam, 5(02), 600–614. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.487
Hasan, A. W., & Hilmi, D. (2022). Manajemen Pelaksanaan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(1), 75–90. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v7i1.4602
Hervina H, L., Mufidah, N., Karim, A. M., Isman, N., & Asbarin. (2022). Analisis Manajemen Program Bahasa Arab pada Lembaga Pendidikan Formal di Indonesia. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(4), 435–442.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendiddikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Mar, N. A., & Hilmi, D. (2021). Manajemen program pembelajaran bahasa Arab pada anak prasekolah Yayasan PAUD Sultan Qaimuddin di Kendari. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.36943
Miladya, J. (2015). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Konferensi Nasional Bahasa Arab (Konasbara), 1.
Moloeng, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, A. D. (2018). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab di Pare Kediri. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.71
Rohhani, I., & Istikomah, I. (2021). Implementasi Perencanaan Pembelajaran di Kursus Bahasa Arab Al-Iman Surabaya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 266–278. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.20884
Rosyid, M. K., Faizin, M. S., Nuha, N. U., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.1-20
Roviin. (2020). Manajemen Program Kursus Intensif Bahasa Arab: Studi Pada Metode Mustaqilli. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 236–246. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1237
Shobirin, A., & Hilmi, D. (2021). Implikasi Manajemen Program Bahasa Arab Dalam Mencetak Lulusan Unggul. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i1.4308
Sofian, S., Hasibuan, R. F., Fachruddin, & Syukri, M. (2023). Unsur-Unsur Pengorganisasian Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 550–557. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7785952
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
Syukran, M., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan, R. (2022). Konsep Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perwujudan Kepentingan Manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.277
Umam, I., Hasin, Moh., & Arifa, Z. (2019). Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Markaz Bahasa Arab Darul Lughah Waddirasat Islamiyah. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 43–60. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1376
Zuchdi, D. (1997). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Secara Holistik. Cakrawala Pendidikan, 16(1), 59–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suria Anisah, Safira Naili Alkamala, Meidias Abror Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.