Tathbiq Thariqah al-Mubasyirah li Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Khasshah lil Ulum al-Diniyyah Tebuireng Jombang

Authors

  • Miftahul Huda Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Abdul Ghofur Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v3i2.1605

Keywords:

Thoriqoh Mubasyiroh, Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah, Thoriqoh Ta'lim

Abstract

Madrasah Aliyah Keagamaan Tebuireng Jombang adalah salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang berafiliasi dengan Kementerian Agama, yang mengajarkan Bahasa Arab, ilmu agama. Metode yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode eksperimen untuk memperoleh fakta-fakta yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Arab di madrasah. Pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Keagamaan adalah dengan metode langsung dengan menggunakan jenis sarana pendidikan seperti gambar, gerakan, serta penggunaan bahasa Arab sepanjang pelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid, M. Dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Malang PRESS, 2018).

Bakar Muhammad, Abu, Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, (Surabaya: Usaha Nasional, 1981).

Departemen Agama, Pedoman Umum Pelaksanaan KBK MAK, (Jakarta: Ditjend Binbagais, 1986).

Fuad Efendi, Ahmad, Metode Pengajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat, 2005).

Mu’in, Abdul, Analisis Konstrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia: Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi, (Jakarta, PT Pustaka Alhusna Baru, 2004).

Nurhayati, Anin, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Teras, 2006).

Sujana, Nana dan Rifai, Ahmad, Media Pengajaran, (Bandung: Sinar Baru, 1992).

“Nasruddin Idris Jauhar”, http://lisanarabi.net/ ايسينودنإ في يعمالجا ىوتسلما ىلع ةيبرعلا ةغللا ميلعت/تلااقلما. html, diakses 27 Des 2017.

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Huda, M., & Ghofur, A. (2019). Tathbiq Thariqah al-Mubasyirah li Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah fi al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Khasshah lil Ulum al-Diniyyah Tebuireng Jombang. Asalibuna, 3(02), 65–74. https://doi.org/10.30762/asa.v3i2.1605