Fa’aliyah Al’ab al-Nuthqi li Tarqiyah Maharah al-Qiraah (Bahts Tajriby fi Madrasah Al Huda al-Mutawassitah al-Islamiyyah bi Bandung Tulungagung Jawa al-Syarqiyyah)

Authors

  • Lilis Andarwati Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v3i2.1167

Keywords:

Permainan Bunyi Bahasa, Keterampilan Membaca

Abstract

Banyak masalah penting yang dihadapi guru bahasa Arab sebagai bahasa kedua seperti halnya kesulitan siswa dalam mengucapkan kosa kata, memahami makna kata dan membedakan kosa kata lisan dan tertulis. Sehingga guru membutuhkan pembelajaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan tersebut. Masalah lainnya yaitu kondisi psikologi siswa di sekolah menengah pertama masih merasa takut dan malas belajar membaca bahasa arab, sementara mereka masih suka bermain-main. Oleh karena itu dengan cara menggunakan permainan bahasa dalam proses belajar mengajar keterampilan membaca bahasa Arab akan memenuhi kesulitan-kesulitan bahasa yang disebabkan oleh kondisi psikologi siswa dalam proses belajar mengajar. Metodologi penelitian ini menggunakan: pendekatan Kuantitatif, penelitian empiris dan the equivalent pretest-postest design. Obyek penelitian ini adalah terdiri dari siswa-siswi kelas VII «B” dengan jumlah 40 siswa dan kelas VII «f” dengan jumlah 40
siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Jawa Timur, tahun akademik 2010-2011. Menggunakan instrument penelitian: test, interviewdan questionnaire. Hasil penelitian dari penggunaan permainan bunyi bahasa “Saya di sini” dalam meningkatkan keterampilan membaca di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Huda Bandung Tulungagung, Jawa Timur, adalah: (1) efektif untuk pengucapan homofon dan homograf bahasa arab sampai dengan 90,94%. (2) efektif dalam mengartikan kosa kata sampai dengan 85,42%. (3) efektif dalam membedakan kosakata lisan dan tertulis sampai dengan 98,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agama,Departemen, Kurikulum Bahasa Arab MI, MTs, MA, (Peraturan Menteri Agama RI, nomor 22 tahun, 2008).

Ainin, Moch., metodologi Penelitian Bahasa Arab, (Hilal: pasuruan, 2007)

Anas, Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997), Cet VIII

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2002).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Asrori, Imam, Aneka Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab, (Surabaya: Hilal Pustaka, 2009)

Azhar, Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).

Azies, Furqonul, A.Chaedar Alwasilah, Pengajaran Bahasa Komunikatif, (Bandung: PT. Rosdakarya,1996).

Baradja, M.F., Kapita Selekta Pengajaran Bahasa, (Malang : IKIP Malang, 1990).

Djiwandono, M. Soenardi, Tes Bahasa dalam Pengajaran, (Bandung : ITB. 1996).

Mahmudah, Umi, Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Uin Malang Pers, 2008).

Partanto, Pius A, Dan M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Arkola, 1994).

Syakur, Nazri, Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Pedagogia, 2010).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008).

Tarigan, Djago Dan H.G.Tarigan, Tehnik Pengajaran Keterampilan Berbahasa, (Bandung: Angkasa, 1986).

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Andarwati, L. (2019). Fa’aliyah Al’ab al-Nuthqi li Tarqiyah Maharah al-Qiraah (Bahts Tajriby fi Madrasah Al Huda al-Mutawassitah al-Islamiyyah bi Bandung Tulungagung Jawa al-Syarqiyyah). Asalibuna, 3(02), 87–99. https://doi.org/10.30762/asa.v3i2.1167