Fa’aliyah Istikhdam Istiratijiyah Kharitah al-Mafahim fi Ta’lim al-Qawaid
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v3i2.1578Keywords:
mindmap, kharitah mafahim, ta'lim al-qawaid, strategi pembelajaranAbstract
Peneliti berusaha untuk mengungkap efektifitas strategi mind map dalam pembelajaran
qawaid pada siswa MTS Pembangunan Jakarta. Peneliti mennggunakan metode
kuantitatif eksperimen dengan membuat dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelas
eksperimen dengan menggunakan treatment strategi mind map sebagai dasar kegiatan
pembelajaran, sedangkan kelompok kedua adalah kelas control yang dengan tanpa
menggunakan teori konstruktivisme dalam kegiatan pembelajarannya. Hasil penelitian
menunjukkan nilai to lebih besar dari tt, dan ini menunjukkan bahwa hippotesis nol H0
ditolak. Adapun hipotesis alternative Ha diterima. Sesungguhnya pembelajaran qawaid
dalam kelas eksperimen dan kelas control memiliki perbedaan yang jelas, dan ini
bermakna bahwa pembelajaran qawaid menggunakan strategi mind map adalah efektif.
Downloads
References
Buzan, Tony, The Mind Map Book, New York: First Plume Printing, 1996. المراجع الإندونسية
Abdul Wahab, Laode. (2013). Motivasi belajar Bahasa Arab mahasiswa STAIN KENDARI (Analisis Problem dan Solusinya), Al-Ta’dib.
Al-Gali, Abdullah dan Abdul Hamid Abdullah, Menuyusun Buku Ajar Bahasa Arab, Padang: @kademia, 2012.
Alamsyah, Maurizal, Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping, Yogyakarta: Mitra Pelajar, 2009.
Arifa, Zakiyah. (2011). Pengembangan bahan ajar qowaid Bahasa Arabberbasis Mind Map untuk tingkat perguruan tinggi, El-Qudwah.
Buzan, Tony, The Ultimate Book of Mind Maps, terj. Susi Purwoko, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Falah, Ahmad. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Mind Map untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Arab pada tingkat madrasah, Arabia.
Putra, Nusa, Research & Development –Penelitian dan Pengembangan:Suatu Pengantar-, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.
Santoso, Singgih, SPSS 20 –Pengolahan Data Statistik di Era Informasi-,Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Riski Gunawan , Moh Sholeh Afyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.