فعالیة استخدام الألعاب اللغویة لترقیة مھارة القراءة المعاصرة )بحث تجریبي لطلاب قسم تدریس اللغة العربیة بالجامعة الإسلامیة الحكومیة كدیري السنة الدراسیة

Authors

  • Munjiyat

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.825

Keywords:

game bahasa, reading skills

Abstract

Terminologi game seringkali diasumsikan sebagai kegiatan yang kontra produktif dan identik dengan anak usia dini. Pelbagai kajian teoritis dan aplikatif telah mendialektikakan antara game dengan berbagai disiplin ilmu, termasuk bidang pendidikan. Dalam konteks
pembelajaran bahasa, game dipakai dalam pembelajaran listening dan speaking skills (maha<ra<tu al-ittis}al al-shafahy), sangat jarang ditemukan pembelajaran reading atau writting skills (maha<ra<tu al-ittis}al al-kita<by) dengan menggunakan game bahasa. Penelitian ini mencoba keluar frame dengan menakar efektifitas game bahasa dalam meningkatkan kompetensi membaca (reading skills) mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, sedangkan instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah 1. Tes, 2. Interview, dan 3. Angket. Dari penelitian tersebut dapt disimpulkan bahwa game bahasa berdampak signifikan terhadap perkembangan kemampuan membaca siswa, hal tersebut ditunjukkan dengan perubahan rata-rata nilai pretest yang mencapai 57,70 meningkat menjadi 77,40 pada rata-rata nilai posttestnya. Hasil tersebut diperkuat dengan t test yang dilakukan peneliti serta hasil analisa angket dan interview.

References

Ainin, M, dkk, Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab, 2006. Malang: Misykat

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, 2003. YOGYAKARTA: Pustaka Pelajar

Djiwandono, M. Soenardi, Tes Bahasa dalam Pengajaran, 1996. Bandung: ITB Bandung.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek, 2002. Jakarta: Edisi Revisi Rineka Cipta

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, 2007. Jakarta: Bumi Akasara

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Munjiyat. (2017). فعالیة استخدام الألعاب اللغویة لترقیة مھارة القراءة المعاصرة )بحث تجریبي لطلاب قسم تدریس اللغة العربیة بالجامعة الإسلامیة الحكومیة كدیري السنة الدراسیة . Asalibuna, 1(02), 1–18. https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.825