PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI KLASIFIKASI KATA BAHASA ARAB MENURUT PERSPEKTIF TAMMAM HASSAN

Authors

  • Mufti Rasyid State College for Islamic Studies (STAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.827

Keywords:

Klasifikasi Kata, Tammam Hassan, Research and Development (R&D

Abstract

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa para ulama Nahwu klasik membuat klasifikasi kata Bahasa Arab menjadi 3 bagian yaitu: Isim, Fi’il , dan Huruf. Klasifikasi ini tidak pernah menerima kritik dan pembaruan hingga datangnya Tammam Hassan yang membuat klasifikasi kata Bahasa Arab menjadi 7 bagian yaitu: Isim, Shifah, Fi’il, Dhamir, Khalifa, Zharaf, dan Adat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi klasifikasi kata berdasarkan pemikiran Tammam Hassan dan mengetahui sejauh mana efektifitas pengembangan materi klasifikasi kata berdasarkan pemikiran Tammam Hassan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan membentuk dua kelompok (kelompok kontrol dan kelompok eksperimen), dengan penggunaan pre-test dan post test (pre-test post-test control group design). Dengan sampel penelitian siswa MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Bentuk pengembangan materi klasifikasi kata Bahasa Arab berdasarkan pemikiran Tammam Hassan telah berhasil tersusun dalam produk buku ajar yang berjudul: “Klasifikasi Kata Bahasa Arab Menurut Pendapat Tammam Hassanâ€. Produk ini memiliki banyak kelebihan yaitu: desain latihan yang penuh warna dan ilustrasi, kolom Fun Zone, serta pendekatan komparatif antara kaidah bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam materi klasifikasi kata (2) Setelah dilaksanakannya ujicoba produk di MASS Tebuireng, peneliti melakukan Uji-T (T-test). Dari hasil Uji -T diperoleh nilai T-hitung sebesar 2,29. Dengan dk= 4 pada persentase kolom 5% diketahui nilai T-tabel adalah 1,67. Disini bisa dilihat bahwa nilai T-hitung lebih besar dari T-tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesi Nol (Ho) ditolak dn Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari sini bisa disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar klasifikasi kata bahasa Arab menurut perspektif Tammam Hassa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulwahab M., Pemikiran Linguistik Tammam Hassan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta, 2009, UIN Jakarta Press

Ainin M., Evaluasi Dalam Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Misykat, 2006

Arikunto S., Prosedur Pnelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, 2002, Rineka Cipta

Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta, 2013, Kencana Press

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Rasyid, M. . (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI KLASIFIKASI KATA BAHASA ARAB MENURUT PERSPEKTIF TAMMAM HASSAN. Asalibuna, 1(02), 1–13. https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.827