استراتیجیة تعلیم مھارة الاستماع وأثرھا في تنمیة مھارة الكلام بالمدرسة
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v1i2.830Keywords:
keterampilan istima, keterampilan berbicaraAbstract
Studi ini didasarkan pada masalah yang dialami oleh mereka yang mengajarkan keterampilan istima’ dan pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara, dimana hal ini sulit bagi siswa untuk membiasakan berbicara (Bahasa Arab) di beberapa lembaga pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat sekolah. Kecuali ada upaya keras dari satu sama lain seperti yang diterapkan oleh Madrasah ‘Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum (MAU DU). Studi ini mengandung aspek teoritis tentang teori-teori keterampilan istima’ dan strategi pengembangan keterampilan berbicara di Madrasah ‘Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum, dan menggambarkan penerapan strategi untuk mengembangkan kemampuan siswa di sekolah. Peneliti menggunakan metodologi studi kasus dan model penelitian kualitatif dan menghasilkan hasil: bahwa ada strategi yang berkontribusi terhadap proses belajar mendengarkan di Madrasah ‘Aliyah Unggulan Darul ‘Ulum. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan keterampilan istima’ secara langsung berhubungan dengan adanya strategi yang baik dan tepat, serta unsur-unsur pendidikan lain yang mendukung kesuksesan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995).
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Jilid II, (Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM 1992).
Harris, T.L. et al., “A Dictionary of Reading and Related Terms International Reading Association”, (New Delevare, 1982).
Koentjoroningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia, Edisi Ketiga, 1993).
Rubin, Dorathy,“Teaching elementary - language Arts” 2nd ed., (New York: Holt-Rinehart and Winston, 1980).
Syamsudin, dan Damayanti, Vismaia S., Metode Penelitian Bahasa (Bandung: Rosda Karya, 2007).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Muhammad Miftahul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.