Isham Thariqah Sorogan Fi Tadris Qawaid al-Lughah al-‘Arabiyyah Fi al-Ma’had al-Salafi Hajj Ya’qub Lirboyo Kediri
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v2i1.1125Keywords:
Metode Sorogan, Pengajaran QowaidAbstract
Pembelajaran di pondok pesantren salaf adalah pembelajaran menggunakan kitab tradisional dengan metode kuno, seperti bandongan, kilatan, dan sorogan. Pondok pesantren Haji Ya’qub menerapkan metode sorogan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam memahami kaidah-kaidah bahasa Arab dengan membaca teks-teks kitab tradisional. Karena dalam memahami kitab kitab tradisonal sangat sulit, maka para santri membutuhkan metode atau sarana untuk memudahkan pengajaran dan pemahamannya. Metode sorogan adalah salah satu metode kuno yang mampu memudahkan para santri dalam membaca dan memahaminya dengan baik. Ini adalah metode yang cocok digunakan sampai sekarang, khususnya di pondok pesantren salaf. Sebagian orang mengatakan bahwa metode sorogan adalah metode yang sangat efisien karena prakteknya sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab dari segi qowaid dan tarjamah yang berguna untuk memahami bahasa, sebagai sarana untuk memahami teks arab. ini adalah metode yang mengutamakan hubungan batiniyah antara guru dan murid serta pemahaman inisiatif antara keduanya. Pada sisi yang lain sebagian orang mengatakan bahwa metode sorogan adalah metode yang ketinggalan zaman.
Downloads
References
Abd. Hamid, M, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2008.
Agama, Departemen, Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Depag, 2003.
Aqiel Siradj, Sa’id. Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Armai, Arif. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
Banawi, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al Ikhlas, 1993.
Dhofier, Zamakhsyary. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta : LP3S, 1985.
El Chumaedy, Ahmad. Membongkar Tradisionalisme Pendidikan Pesantren, http://researchengines.com/achumaedy.html, diakses pada tanggal 1 Maret 2017 Pukul20:00.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Ibrahim, Dr. Rustam. Bertahan Di Tengah Perubahan; Pesantren Salaf, Kiai dan Kitab Kuning. Sibuku: Surakarta, 2015.
J. Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.
Mahfudh, KH. MA. Sahal. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta: LKiS, 1994.
Maksum, Pola Pembelajaran Di Pesantren, Jakarta: Depatermen Agama RI, 2003
Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.
M. Amirin, Tatang. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1990.
Narbuko Cholid, Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Noer, Delier. Gerakan Moderen Islam di Indonesia. Jakarta : LP3S, 1985.
Rahardjo M. Dawam (ed), Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES, 1988.
RI, Depag. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Dikpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Islam, 2003.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Shiddiqoh, Model Pembelajaran Di Pondok Pesantren Salaf Putri al-Ittihad Poncol Popongan Kec. Beringin Kab. Semarang Tahun 1431/1432 H, Salatiga: Stain Salatiga, 2013.
Subroto Suryo, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1997.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depatermen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1999.
Sudjana, Nana. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 1996.
Van Bruinessen, Martin. Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat Tradisi Islam di Indonesia. Bandung : Mizan, cet II, 1995.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakan Tradisi. Yogyakarta : LkiS, 2001.
Warson Munawir, Ahmad. Kamus Munawwir. Yogyakarta: Pustaka Progresif, 2002.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Ahmad Rifa'i, Muhammad Izzudin Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.