AL-‘ALAQAH BAINA AL-WASAIL AL-TA’LIMIYYAH WA FAHMI TADRIS AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FI AL-MADRASAH

Authors

  • Muhammad Mifatahul Huda
  • Ulin Nasfiyah

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v2i1.1128

Keywords:

AL-‘ALAQAH, AL-WASAIL AL-TA’LIMIYYAH, TADRIS AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FI AL-MADRASAH

Abstract

Dalam suatu proses belajar mengajar, pemilihan metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media. Setiap pelajaran baru, materinya membutuhkan alat penjelas agar siswa dapat memahami dengan mudah. Kita mengetahui bahwa pengetahuan yang baru akan terasa asing untuk dipahami atau barangkali sulit bagi guru itu sendiri untuk menjelaskannya kecuali jika dibantu oleh sesuatu yang dapat ditangkap oleh indera atau media yang dapat mengantarkan pada pemahaman mereka. Sehingga pengetahuan itu menjadi jelas. Adapun pokok dalam penelitian ini adalah penggunaaan media pengajaran dalam pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) "Muallimat" Cukir Jombang dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini bersifat kualitatif, maka analisis datanya secara deduktif, karena penelitian ini menyajikan hipotesis. Hipotesis yang digunakan yaitu hipotesis kerja. Untuk mengetahui penggunaan media pengajaran digunakan prosentase. Nilai yang diperoleh masih dapat ditingkatkan dengan memfungsikan media yang ada sehingga siswa lebih termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab digunakan hitungan rata-rata (mean). Nilai rata-rata yang diperoleh masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara menganalisis faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pemahaman belajar bahasa Arab. Adapun korelasi di antara keduanya menunjukkan nilai 0,60 dengan menggunakan rumus product moment. Nilai ini lebih besar dari pada rt di mana 1 % = 0,496 dan 5 % = 0,388, maka hipotesis kerja dapat diterima. Nilai ini menunjukkan adanya korelasi yang sedang di antara keduanya, karena terletak di antara 0,40 – 0,70.

References

Alkalali, Asad M. , Kamus Indonesia Arab, Jakarta : PT. Bulan Bintang, 1993.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rinneka Cipta, 1998.

Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2000.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Sosial Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya : Airlangga University Press, 2001.

Djamaroh, Syaiful Bahri, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rinneka Cipta, 1997.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1981.

Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT. Rinneka Cipta, 2000.

Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta : Prenada Media, 2004.

----------------------, Teknologi Komunikasi Pendidikan, Jakarta : CV. Rajawali, 1984.

Muhibbin Syah, M.Ed., Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Narbuko, Cholid & Abu Ahmadi, Metodologi Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Poerwadarminta, WJS., Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai pustaka, 1986.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2003.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Huda, M. M. ., & Nasfiyah, U. . (2018). AL-‘ALAQAH BAINA AL-WASAIL AL-TA’LIMIYYAH WA FAHMI TADRIS AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FI AL-MADRASAH. Asalibuna, 2(01), 1–14. https://doi.org/10.30762/asa.v2i1.1128