تحليل موضوعات البحوث العلمية لطلبة قسم تعليم اللغة العربية بكلية التربية بالجامعة الإسلامية الحكومية كديري سنة -

Authors

  • M. Syamsul Maarif Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1154

Keywords:

judul penelitian, penelitian ilmiah, pendidikan bahasa Arab

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yang dinamakan penelitian ilmiah, memiliki banyak manfaat, diantaranya 1) pengajaran pendidikan, 2) studi dan pengembangan. Sesuai dengan tujuan-tujuan ini, diharuskan bahwa penelitian ilmiah untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab ditulis berdasarkan masalah yang ada dan dibentuk antara yang lain yang relatif dan sesuai. Meskipun demikian, pada kenyataannya, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab tidak menulis makalah ilmiah tentang topik yang hampir sama dengan penelitian sebelumnya, meskipun ada banyak penelitian lain yang perlu dipelajari. Berdasarkan asumsi sebelumnya, peneliti ingin meneliti subjek penelitian ilmiah untuk mahasiswa Pengajaran Bahasa Arab di institute agama islam Kediri, yang sebelumnya peneliti membuat rancangan ilmiah dan masalahmasalah pendidikan bahasa arab. Di sisi lain, penelitian ini menjelaskan tentang upaya yang diperlukan untuk mengajarkan pada Pendidikan Bahasa Arab dalam mengatur subjek penelitian yang diminta

References

Utsman Nur, Qasim. 1989. al Fihris al Mushannaf li Rasaail Addiblum wa al Magestir fi Ta’lim al Lughah al Arabiyah li Ghairi an Nathiqiina biha, Jurnal al Majallah al Arabiyah li Aldiraasat al Lughawyah edisi 8. Khurthum-Sudan: Majalah Muhkamah.

Zahran, Al-Badrawi. 1994. Fi ‘ilm al-Ashwat al-Lughawiyah wa ‘Uyub al-Nuthq. Bairut: Dar al-fikr.

Al-Tunji, Muhammad dan Raji al-Asmar. 1993. Al-mu’jam al-mufashshal Fi ‘Ulum al-Lughah (al-Lisaniyah). Bairut: Dar al-Kutub Al Islamiyah.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik Jakarta: Gramedia.

Ali bin Muhammad al-Jurjani, Al-Syarif. 1988. Kitab al-ta’rifat. Bairut: Dar al-Kutub al-‘ilmiyah.

Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research (jilid II). Yogyakarta: Andi.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Sanapiah. 1989. Format-Format Penelitian Sosial Dasar-Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajan Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.

Mukhtar Umar, Ahmad. 1982. Ilmu ad Dilalah. Kuwait: Al Maktabah Darul Arobiyyah.

Taqrirot Alqowaid As Shorfiyyah Lil Ma’had Al Islami As Salafi Lirboyo. Tanpa Tahun. Kediri: Darul Mubtadiin.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Basyiruddin. 2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2019-06-05

How to Cite

Maarif, M. S. . (2019). تحليل موضوعات البحوث العلمية لطلبة قسم تعليم اللغة العربية بكلية التربية بالجامعة الإسلامية الحكومية كديري سنة -. Asalibuna, 3(01), 22–31. https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1154