طريقة تعليم اللغة العربية الموافقة بسورة العلق ٥-1
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1229Keywords:
metode pembelajaran, surat Al Alaq 1-5Abstract
Sesungguhnya bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan di dalam Alquran, yang tentu dibutuhkan oleh setiap muslim untuk membaca dan memahami Alquran dan memperoleh perintah, larangan, dan hukum-hukum Islam. Bahasa Arab memiliki posisi yang istimewa di antara bahasa-bahasa internsional. Dengan diturunkannya Alquran menggunakan bahasa Arab, maka posisinya menjadi tinggi dan ia memgang peran penting dalam melayani agama Islam dan memahami Alquran. Maka pembelajaran bahasa Arab menjadi urgen dan butuhkan oleh seluruh umat sebagai perantara memahami Alquran. Adapun keberhasilan suatu pembelajaran terkait erat dengan keberhasilan metode pembelajaran yang digunakan, dan untuk mengetahui efektifitas suatu metode pembelajaran, maka peneliti menggunakan metode pembelajaran yang terdapat dalam surah Al-Alaq 1-5. Penelitian ini merupakan studi analisis, dengan memanfaatkan dokumen-dokumen sebagai alat untuk mentafsirkan surat Al-Alaq 1-5. Peneliti menggunakan metode deduktif yang berawal dari kerangka teori umum, menuju kepada data-data yang terperinci. Studi analisis ditujukan untuk mencapai hasil akhir. Adapun temuan penting dalam penelitian ini adalah peneliti mendapati bahwa metode pembelajaran yang sesuai dengan surat Al Alaq 1-5 adalah metode membaca, metode audiolingual, dan metode langsung
Downloads
References
Ahmadi, Abu, Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia, Bandung 1997
Basri, Hasan, Metode Pendidikan Islam Muhammad Quth, STAIN Kediri Press, Kediri, 2009
Effendy, Fuad, Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Misykat, Malang, 2005
Furchan, Arif dan A Ravovivh, Terjemahan Pengantar Penelitian dalam Pendidikan Usaha Nasional, Usaha Nasional, Surabaya
Nazir, Muhammad, Metode Penilitian, Galia Indonesia, 1998
Sudjana, Nana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiyah, Sinar Baru Algesind, Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Ahmad Rifa’i, M. Fadhlun Nahar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.