أنشطة الخطابة العربية لتعليم مهارة الكلام

Authors

  • Putri Ida Rofika

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1223

Keywords:

pidato, Pengajaran kalam

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pidato dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam hal berbicara dengan metode pidato bahasa Arab di pondok putri Ibnu Qom Yokayakarta. Untuk mengumpulkan data pada siswa kelas kesepuluh 2016, penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa poin penting dari penelitian ini, diantaranya adalah sebagai berikut: • Latihan berpidato melatih mental siswa dan mendorong untuk berani berbicara, peraturan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan berpidato sesuai untuk melatih berbicara bahasa Arab siswa

References

Abidin, Djamal, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, Jakarta: Gema Insani Press, 1996

Al-Ghulayani, Musthofa, Tarjamah Jamii’u Durusil ‘arabiyyah. Semarang: CV ASY SYIFA, 1992

Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004

Djamarah, Syaiful Bahri. Zaim,Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996

Bisri Mustofa dan Abdhul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: UIN-Malik Press)

Djamarah,Syaiful Bahri dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Fuad, Efendi Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2012

Hamid, Abdhul, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab.Malang: UIN-Maliki Press 2013

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Imam, Makruf, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Semarang: Ned’s Press, 2009 Kamus KBBI

Mahsun, Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005

Nur, Indah Rohmani, Gangguan Berbahasa. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2012

Rohani, Ahmad Ahmadi, Abu, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995

Rosyidi, Abd Wahab. Nikmah, Mamlu’atul, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press 2012

Rahmat, Jalaluddin, Rethorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Rosdakarya, 1994

Satori, Djaman. Komariah,Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta cv, 2013

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA BANDUNG 2011

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Utami, Dewi Fitriana, Public Speaking Kunci Sukses di Depan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Warson, Munawwir Ahmad, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif, 2012

Winkel,Ws, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1991

Wuwur, Hendrikus Dori, Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegoisasi, Yogyakarta: Kanisus, 1991

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT RaJa Grafindo Persada: 2014

Downloads

Published

2019-06-23

How to Cite

Rofika, P. I. . (2019). أنشطة الخطابة العربية لتعليم مهارة الكلام. Asalibuna, 3(01), 57–64. https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1223