أنشطة الخطابة العربية لتعليم مهارة الكلام
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v3i1.1223Keywords:
pidato, Pengajaran kalamAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pidato dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam hal berbicara dengan metode pidato bahasa Arab di pondok putri Ibnu Qom Yokayakarta. Untuk mengumpulkan data pada siswa kelas kesepuluh 2016, penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa poin penting dari penelitian ini, diantaranya adalah sebagai berikut: • Latihan berpidato melatih mental siswa dan mendorong untuk berani berbicara, peraturan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan berpidato sesuai untuk melatih berbicara bahasa Arab siswa
Downloads
References
Abidin, Djamal, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, Jakarta: Gema Insani Press, 1996
Al-Ghulayani, Musthofa, Tarjamah Jamii’u Durusil ‘arabiyyah. Semarang: CV ASY SYIFA, 1992
Arsyad, Azhar, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Djamarah, Syaiful Bahri. Zaim,Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996
Bisri Mustofa dan Abdhul Hamid, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang: UIN-Malik Press)
Djamarah,Syaiful Bahri dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Fuad, Efendi Ahmad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2012
Hamid, Abdhul, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab.Malang: UIN-Maliki Press 2013
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)
Imam, Makruf, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Semarang: Ned’s Press, 2009 Kamus KBBI
Mahsun, Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005
Nur, Indah Rohmani, Gangguan Berbahasa. Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2012
Rohani, Ahmad Ahmadi, Abu, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995
Rosyidi, Abd Wahab. Nikmah, Mamlu’atul, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press 2012
Rahmat, Jalaluddin, Rethorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT. Rosdakarya, 1994
Satori, Djaman. Komariah,Aan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta cv, 2013
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA BANDUNG 2011
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008
Utami, Dewi Fitriana, Public Speaking Kunci Sukses di Depan Publik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Warson, Munawwir Ahmad, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya: Pustaka Progresif, 2012
Winkel,Ws, Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo, 1991
Wuwur, Hendrikus Dori, Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegoisasi, Yogyakarta: Kanisus, 1991
Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT RaJa Grafindo Persada: 2014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Putri Ida Rofika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.