تطبيق استراتيجية تعليم قواعد اللغة العربية بطريقة المفتاح في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى كديري وطريقة أمثلتى في معهد هداية المبتدئين أمثلتي كوراة كديري (دراسة وصفية مقارنة

Authors

  • Ahmad Rifa'i
  • Fadlilah Dewi Ariyani

DOI:

https://doi.org/10.30762/asa.v2i2.1130

Keywords:

Strategi pembelajaran qowaid, Metode Al-Miftah dan Amtsilati

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pembelajaran qowaid bahasa Arab menggunakan metode Al-Miftah di MTsN 1 Kota kediri dan Metode Amtsilati di pondok pesatntren Hidayatul Mubtadi'ien Amtsilati. Tujuan pembahasaan ini untuk mendeskripsikan dan membandingkan strategi pembelajaraan qowaid menggunakan metode Al-Miftah di MTsN 1 Kediri dan strategi Amtsilati di PP HMA. Hasil pembelajaran dari pembelajaran qowaid menggunakan metode Al-Miftah dimulai dari materi pertama hingga ahir seauai dengan metode istiqroiyah (Induktif) yang mengajarkan dari bagian-bagian yang khusus ke yang umum dan dengan memberikan contoh kemudian tarkibnya. Hal ini juga sesuai dengan sifat strategi pembelajaran tidak langsung atau dinamakan juga strategi discovery karena dalam hal ini siswa mencari materinya sendiri kemudian guru hanya membimbingnya. Siswa melakukan latihan-latihan soal dengan mandiri karena cepat dan lambatnya keberhasilan belajar dibatasi oleh kemampuan individu. Sedangkan strategi pembelajaran menggunakan metode Amtsilati dari jilid awal hingga jilid lima sesuai dengan metode qiyasi (deduktif) yaitu pembelajaran qowaid dengan menyebutkan unsur-unsur yang umum ke khusus. Hal ini sesuai juga dengan sifat strategi pembelajarannya memfokuskan pada guru atau dinamakan juga strategi eksposisi karena materi diberikan diawal kepada sisiwa dan siswa tidak bisa mengolah materi tersebut akan tetapi siswa sesuai dengan strategi pembelajaran interaktif karena pembelajaran tersebut dilakukan dengan musyawaroh atau halaqoh.

References

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Hamid dkk. Pembelajaran bahasa Arab, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Malang, 2008.

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remmaja Rosdakarya, 2016.

Nazir, Moh . Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Saebani, Beni Ahmad. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2007.

Sarwono, Jonathan, Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Setiawan, Cahya Edi, Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab, Komunikasi dan Pendidikan Islam. Vol. 4, (2 Desember 2015).

Sehri, Ahmad bin Punawan, Metodelogi Pengajaran Nahwu, Hunafa, Vol. 7. (1 April 2010).

Tanzeh, Ahmad, Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009.

Ulin, Nuha, Metodelogi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, Jogjakarta: Diva Press, 2012.

Zarqoni, Ahmad, Al-Miftah, Blitar: Madin An-Nur, 2014.

Zulhannan, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2001.

Downloads

Published

2018-12-25

How to Cite

Rifa’i, A. ., & Ariyani, F. D. . (2018). تطبيق استراتيجية تعليم قواعد اللغة العربية بطريقة المفتاح في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى كديري وطريقة أمثلتى في معهد هداية المبتدئين أمثلتي كوراة كديري (دراسة وصفية مقارنة. Asalibuna, 2(02), 69–83. https://doi.org/10.30762/asa.v2i2.1130