الطريقة السمعية الشفوية Audiolingual في تعليم اللغة العربية وتطبيقها
DOI:
https://doi.org/10.30762/asa.v2i2.1132Keywords:
Metode Pembelajaran Bahasa Arab, AudiolingualAbstract
Perkembangan metode pengajaran bahasa terus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Akan tetapi, metode klasik pengajaran bahasa tidak dapat dipungkiri, sampai sekarang masih banyak dipakai dalam kegiatan pembelajaran di kelas-kelas bahasa. Selanjutnya, salah satu metode pembelajaran yang perlu diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab agar mendapatkan hasil sesuai harapan adalah metode Audiolingual yang sejalan dengan teori pendidikan Ki Hajar Dewantara Tut Wuri (mengikuti dari belakang) Handayani (mendorong atau memotivasi) yang umumnya dijadikan dasar dalam pemilihan metode pembelajaran di indonesia. Bagi yang telah menerapkan metode ini seperti, Kursusan bahasa Arab OCEAN Pare-Kediri merasakan beberapa kelebihan disamping juga beberapa kekurangannya.
Downloads
References
Ansor, Muhtad A. Metode-metode dalam Pengajaran Bahasa Arab. Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2008.
Dodi, Limas. “Nilai Spiritualitas Sayyed Hossein Nasr dalam Manajemen Pendidikan Islam”, Jurnal Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, Juni 2018.
Effendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Roda Karya, 2011.
Mahmud,Abu Bakar. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional, 1981.
Miyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoristis dan Praktis, 2. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit ISC, 2004.
Syakur, Nazri. Behaviorisme dan Humanisme dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: PT. Pustaka Madani, 2009.
Susan Kifutu,Backgroundand Characteristics Of Audiolingual Method (http://www.tcnj edu).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Nurul Hanani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.