Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP

Authors

  • Ulvia Nur Aini
  • Tri Wardah Utami Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Tuhfatul Khalidiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Lilik Huriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.117

Keywords:

Learning Media, Benime Application, learning outcomes, Material Understanding

Abstract

Abstract: Video learning media is a media that combines two elements, namely audio and visual (image). Benime application is an application that produces videos with attractive and not monotonous illustrations. The hope of using the media is that students can be more effective in understanding the material presented. This study aims to develop video media using the benime application and measure the effectiveness of learning videos using the benime application in improving understanding of the material " Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah". This type of research is Research and Development with a development model adapted from the Dick and Carey model. The five research stages are, (1) preliminary stage, (2) analysis stage, (3) design stage, (4) development stage, and (5) testing stage. Sources of data obtained through observation, interviews, validation, and documentation of the learning outcomes of class VII students at SMPN 2 Kunjang Kediri. The results showed that the use of the Benime application was considered quite effective in improving the understanding of PAIBP material. The use of the Benime application is also considered quite flexible because it can be accessed through each student's device.

Abstrak: Media pembelajaran video merupakan media yang bersifat menggabungkan dua unsur yaitu audio (suara) dan visual (gambar). Aplikasi benime merupakan aplikasi yang menghasilkan video dengan ilustrasi yang menarik dan tidak monoton. Harapan dari pemanfaatan media tersebut adalah para siswa dapat lebih efektif dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video menggunakan aplikasi benime serta mengukur efektivitas video pembelajaran menggunakan aplikasi benime dalam meningkatkan  pemahaman materi “Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah”.  Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan yang diadaptasi dari model Dick and Carey. Lima tahap penelitian yaitu, (1) tahap pendahuluan, (2) tahap analisis, (3) tahap perancangan, (4) tahap pengembangan, dan (5) tahap pengujian. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, validasi, dan dokumentasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 2 Kunjang Kediri. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan aplikasi benime dinilai cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman materi PAIBP. Pemanfaatan aplikasi benime juga dinilai cukup fleksibel karena dapat diakses melalui gawai siswa masing-masing.

References

Azizah, N. A. (2019). Pengembangan Aplikasi “Smart Tajwid” Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tajwid Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 47–70. https://doi.org/10.14421/EDULAB.2019.41-04

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). PEMANFAATAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI. Jurnal Muallimuna Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 48. Retrieved from https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/741

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. . (2001). The systematic design of instruction (5th). New York: Longman.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 12(24–31). https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.128

Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Ikhsan, K. (2017). Media Pembelajaran. Pamekasan: STAI Al-Khairot.

Kulbi, S. Z. (2019). Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 385–406. https://doi.org/10.31538/NZH.V2I3.1110

Liwayanti, U. (2021). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Ilmu Aqidah Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2). Retrieved from http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/31

Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. (2020). Retrieved August 11, 2022, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19

Miftah, M. (2013). FUNGSI, DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V1N2.P95--105

Mulyani, E. W. S. (2018). DAMPAK PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://doi.org/10.31800/JTP.KW.V6N2.P122--136

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Grobogan: CV. Sarnu Untung. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=s9bsDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Rusman, R. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S., Harjito, H., Haryono, A., & Rahardjito, R. (2016). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Grub.

Sari, D. M., & Siagian, S. (2013). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jtp.v6i1.4979

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/MPP.V15I1.7531

Wijaya, A., & Apridiansyah, Y. (2020). PENERAPAN ALGORTIMA FISHER YATES SHUFLLE PADA MEDIA PEMBELAJARAN MAPEL AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Upgris, 6(1). https://doi.org/10.26877/JIU.V6I1.5747

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Aini, U. N., Utami, T. W. ., Khalidiyah, T., & Huriyah, L. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Aplikasi Benime dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Siswa SMP. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.117

Issue

Section

Articles