Pengaruh Religiusitas dan Efikasi Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MA Al-Huda

Authors

  • Qonita Luthfia Zeinnida
  • Iskandar Tsani Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nila Zaimatus Septiana Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.118

Keywords:

emotional intelligence, religiousity, self-efficacy, kecerasan emosi, religiusitas, efikasi diri

Abstract

Abstract: Emotional intelligence is a person's ability to manage emotions wisely. Several factors related to emotional intelligence include religiosity and self-efficacy. Self-efficacy is the ability to measure the strength of an individual to complete a task or face a problem. Religiosity is a process that occurs between fellow human beings and humans with their god which is framed in worship behavior, aqidah and living systems. Both of these things can affect the level of emotional intelligence of students. This study aims to examine the effect of religiosity and self-efficacy on the emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City. This study uses a quantitative approach with multiple correlation types. The subjects were 62 students. The sample was drawn using a simple random sampling technique. The research instrument used a questionnaire with a Likert scale. The data analysis technique used multiple regression analysis with the help of the SPSS application. The results showed that: 1) There was a significant influence between religiosity on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 36.6 percent. 2) There is a significant influence between self-efficacy on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 51.7 percent. 3) There is a significant influence between religiosity and self-efficacy on emotional intelligence of MA Al-Huda students in Kediri City by 55.1 percent.

Abstrak: Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola emosi secara bijak. Beberapa faktor yang berkaitan dengan kecerdasan emosi diantaranya adalah religiusitas dan efikasi diri. Efikasi diri merupakan kemampuan untuk menakar kekuatan yang dimiliki individu guna menyelesaikan tugas atau menghadapi masalah. Religiusitas merupakan proses yang terjadi antar sesama manusia dan manusia dengan tuhannya yang dibingkai dalam perilaku ibadah, aqidah dan sistem hidup. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi tingkatan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh religiusitas dan efikasi diri terhadap kecerdasan emosional siswa MA Al-Huda Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi ganda. Subjek sebanyak 62 siswa, penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisi data menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan aplikasi spss. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 36,6 persen. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 51,7 persen. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas dan efikasi diri terhadap kecerdasan emosi siswa MA Al-Huda Kota Kediri sebesar 55,1persen.

References

Adeyemo, D. A., & Adeleye, A. T. (2008). Emotional Intelligence, Religiosity and Self-Efficacy as Predictors of Psychological Well-Being among Secondary School Adolescents in Ogbomoso, Nigeria. Europe’s Journal of Psychology, 4(1). https://doi.org/10.5964/ejop.v4i1.423

Afolabi, O. A., & Balogun, A. G. (2017). Impacts of psychological security, emotional intelligence and self-efficacy on undergraduates’ life satisfaction. Psychological Thought, 10(2), 247–261. https://doi.org/10.5964/PSYCT.V10I2.226

Agustian, & Ginanjar, A. (2009). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spritual. Jakarta:Arga, 64. https://onesearch.id/Record/IOS13425.INLIS000000000009356

Ancok, S. (2011). Solusi Islam Atas Problem-Problem Psikologi. In Psikologi Islami. Pustaka Pelajar. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=111510

Faradisa, D. A. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kecerdasan Emosional pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Sidorejo-Banyuwangi. http://repository.unmuhjember.ac.id/3909/

Goleman, D. (2017). Kecerdasan emosional : Mengapa EI Lebih Tinggi daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=442091

John Paul, H. (2018). The Varieties of Religious Experience. In Yearning to Belong (pp. 161–171). https://doi.org/10.4324/9781315546094-11

Mubdi, F. H., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik pada siswa kelas XI SMK Bina Wisata Lembang. Jurnal Empati, 6(1), 152–157.

Mudarissa. (2014). Konsep Kecerdasan Emosional dalam Prespektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1).

Nur’aisyah, A., & Djamad, A. (2019). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 77–90. https://doi.org/10.47971/tjpi.v2i2.175

Panjaitan, I. K. (2019). Hubungan antara religiusitas dengan kecerdasan emosi pada siswa muslim di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. In Fakultas Psikologi; Universitas Medan Area. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/11373

Riyanti, S. R. I. (2011). Hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri akademik pada siswa-siswi sma n 2 sleman [UIN Sunan Kalijaga]. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6317/

Salami, S. (2010). Emotional intelligence, self-efficacy, psychological well-being and students attitudes: Implications for quality education. European Journal of Educational Studies, 2(3), 247–257. https://www.researchgate.net/publication/266419723

Shata, N. I., & Wilani, N. M. A. W. (2018). Pengaruh Religiusitas Terhadap Kecerdasan Emosi Pada Siswa Perempuan SMA Muhammadiyah 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana: Edisi Khusus Kesehatan Mental, 165–175. https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/47160

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 59 Tahun 2007 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun, (2007).

Varghese, B. (2014). Emotional Correlates of Morality: A Study on the Influence of EI Traits on Moral Competency in the Indian Population. Asian Journal of Development Matters, 8(1), 16–23. https://www.researchgate.net/publication/282976425_EMOTIONAL_CORRELATES_OF_MORALITY_A_STUDY_ON_THE_INFLUENCE_OF_EI_TRAITS_ON_MORAL_COMPETENCY_IN_THE_INDIAN_POPULATION

Widiyawati, S. (2015). Pengaruh religiusitas terhadap kecerdasan emosional remaja tuna daksa di SLB D-D1 YPAC Jakarta. In Skripsi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28182

Yapono, F. (2013). Konsep-Diri, Kecerdasan Emosi Dan Efikasi-Diri. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3), 208–216. https://doi.org/10.30996/persona.v2i3.136

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Zeinnida, Q. L., Tsani, I. ., & Septiana, N. Z. . (2022). Pengaruh Religiusitas dan Efikasi Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di MA Al-Huda. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 48–56. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.118

Issue

Section

Articles