KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERPEKTIF AL-QUR’AN (Surat Luqman Ayat 12-19)

Authors

  • Jami’un Nafi’in Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Muhamad Yasin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Ilham Tohari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.443

Keywords:

Concept of Child Education In Perspective Qur’an letter Luqman verses 12-19, Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al Qur’an surat Luqman ayat 12-19

Abstract

Astract: Along with the development of the increasingly blind to the globlasasi that a lot of negatively affect the child. Beliefs that can stem this negative impact, therefore Islamic education is very necessary in this case. And the authors chose the letter Luqman verses 12-19 because in it is full of advice to build morals and increase faith in the child. The results showed that: (1) The concept of children's education. (2) The concept of children's education in the perspective of Qur'an letter Luqman verses 12-19 illustrates the emphasis of the material and methods of children's education. Educational materials that are taught include education of aqidah, shariah, and morals. The method used is with maw'idah (advice). (3) Actualization of the development of the concept of education of children in this era of globalization is to develop Islamic life-based curriculum life skill, Applying contextual approach of learning PAI on the aspect of faith, Implementing the integration of faith with science and technology.

Abstrak: Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin membabi buta kearah globlasasi yang banyak sekali berpengaruh negatif pada diri anak. Keimanan yang dapat membendung dampak negatif ini, Maka dari itu pendidikan Islam sangat diperlukan dalam kasus ini. Dan penulis memilih surat Luqman ayat 12-19 karena didalamnya sarat akan petuah untuk membangun akhlak serta meningkatkan keimanan terhadap diri anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan anak. (2) Konsep Pendidikan Anak dalam perspektif Al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 menggambarkan penekanan materi dan metode pendidikan anak. Materi pendidikan yang diajarkan meliputi pendidikan akidah, syariah, dan akhlak. Adapun metode yang digunakan adalah dengan maw’idah (nasihat). (3) Aktualisasi pengembangan konsep pendidikan anak di era globalisasi ini adalah dengan melakukan pengembangan kurikulum agama Islam berbasis life skill, Melakukan pendekatan kontekstual pembelajaran PAI pada aspek keimanan, Menerapkan pengintegrasian iman dengan IPTEK. 

References

Aceh, Abu Bakar.1971. Filsafat Agama Dalam Islam. Semarang: CV Ramadhani.

Al Abrasyi, Muhamad Athiyah. 1975. Attarbiyah Al Islamiyah Wa Falsafatuha. Mesir: Isa Al Babi Al Halabi.

Al Qusyairi, Imam Abu Husain Muslim bin Hajjaj. 1993. Shahih Muslim, Juz IV. Semarang: CV Asy Syifa.

Al Tuwaisi, Ali Al Jumbulati Albdul Futuh. 1994. Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Alim, Muhamad. 2006. Pendidikan Agama islam: Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Amirudin, Teuku. 2000. Reorientasi Managemen Pendidikan Islam Di era Indonesia Baru. Yogyakarta: UII Press.

An-Nahlawi, Abdurrahman. 1995. Pendidikan Islam Di Rumah dan masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.

Arief, Romly. 2003. Akhlak Tasawwuf I. Jombang: BMT Muamalah IKAHA.

Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Depag.

Baqi, Muhamad Fuad Abd. 1987. Al Mu’jam Al Mufahras Li Al Fadz Al Qur’an Al Karim. Beirut: Dar Al Fikr.

Dahlan, Rahman. 2010. Kaidah Kaidah Tafsir. Jakarta: Amzah.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur`an dan terjemahanya. Jakarta: CV Darus Sunnah. Depdiknas. 2011. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kurniawan, Irwan. 2010. Risalah Al Ghazali terj buku Majmu’ah Rasail Al Imam Al Ghazali. Bandung: Pustaka Hidayah.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.

Muhaimin. 1991. Konsep Pendidikan Islam. Solo: CV Ramadani.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, Seto, Tulisan anak Seto Mulyadi” http//Dimas Nugraha.wordpress.com, di akses tanggal 1 april 2015.

Nata, Abudin. 2001. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo.

Nawawi, Rif’at Sauqi. 2011. Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Imprint Bumi Aksara.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sulaiman, Fatiyah Hasan. 1993. Aliran Aliran Dalam Pendidikan, Studi Tentang Pendidikan Menurut Al Ghozali. Semarang: Toha Putra.

Syukur, Amin. 2010. Pengantar Studi Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Tafsir, Ahmad. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosda Karya. Tatapangarsa, Humaidi. 1979. Pengantar Kuliah Akhlak. Surabaya: PT Bina Ilmu.

UUD 1945

Zahrudin AR. 2004. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zainudin. 1991. Seluk Beluk Pendidikan Al Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-02-28

How to Cite

Nafi’in, J., Yasin, M. ., & Tohari, I. (2017). KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERPEKTIF AL-QUR’AN (Surat Luqman Ayat 12-19). Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 9–19. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.443

Issue

Section

Articles