Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur'an Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Edi Nurhidin Institut Agama Islam Tribakti Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136

Keywords:

Drill and Practice, Habituation, Nderes al-Quran, al-Quran Literacy

Abstract

Abstract: This paper aims to describe the role of Islamic religious education (PAI) teachers in improving the competence in reading the Qur'an of students at Public Senior High School (SMA Negeri) 1 Ngadiluwih Kediri. The research method used is descriptive qualitative with interactive data analysis techniques Miles and Huberman that consist of three steps, those are : data reduction, data presentation, and conclusion. There are two questions raised in this study. First, what is the driving factor of PAI teacher's program the Qur'anic literacy in the learning process? Second, how is the practice of Qur'an literacy in the PAI learning process? The results of this study concluded that there were two main driving factors for pie teachers to study the literacy of reading the Qur'an, (1) Internal factors in the form of curriculum Waka instructions and objective conditions of the ability to read diverse al-Qur'an students; (2) Internal factors, namely experience, and desire of pie teachers. Second, the practice of Literacy takes place in an integrated manner in the process of learning PAI by managing lesson hours and using the Nderes Qur'an method. Therefore, PAI teachers play an important role in overcoming the problem of reading the Qur'anic Literacy experienced by students.

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kompetensi membaca Qur'an siswa SMAN 1 Ngadiluwih Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga hal yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ada dua rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini. Pertama, apa faktor pendorong guru PAI memprogramkan literasi Qur'an dalam proses pembelajaran? Kedua, bagaimana praktik literasi Qur'an dalam proses pembelajaran PAI? Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada dua faktor pendorong utama guru PAI membelajarkan literasi membaca Qur'an, (1) faktor internal berupa instruksi waka kurikulum dan kondisi objektif kemampuan membaca Qur'an siswa yang beragam; (2) faktor internal yakni pengalaman dan keinginan guru PAI. Kedua, praktik pembelajaran literasi Qur'an berlangsung secara terintegrasi dalam proses pembelajaran PAI dengan mengelola jam pelajaran dan menggunakan metode nderes Qur'an. Oleh karena itu, guru PAI memainkan peran penting dalam mengatasi problem literasi membaca Qur'an yang dialami siswa.

References

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: Sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. http://repositori.kemdikbud.go.id/4809/

Assel, R. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Peserta Didik Membaca Al-Qur’an Di SMP Negeri 3 Taniwel Kecamatan Taniwel Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Kuttab: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 44–78. https://doi.org/10.33477/kjim.v3i1.2542

Balitbangdiklat, H. (2017, November 7). Indeks Literasi Al-Qur’an Siswa SMA. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-literasi-al-qur-an-siswa-sma

Farihah, E., & Sanusi, G. (2021). Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di TPA Ar-Romly Tanjungsari Jogorogo. Journal Al-Ilmu, 1(1), 31–37. https://www.ejournal.stitmuhngawi.ac.id/index.php/Al-Ilmu/article/view/24

Fielding, N., Lee, R. M., & Blank, G. (Eds.). (2017). The SAGE handbook of online research methods (Second edition). London : SAGE.

Habibah, M. (2019). Pengembangan Budaya Literasi Agama di SMA Negeri 2 Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 203–215. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i2.1110

Habibah, M., & Wahyuni, S. (2020). Literasi Agama Islam sebagai Strategi Pembinaan Karakter Religius Siswa RA Km Al Hikmah Kediri. JCE (Journal of Childhood Education), 4(1), 46–61. https://doi.org/10.30736/jce.v3i2.114

Hanafi, Y., Murtadho, N., Ikhsan, M. A., Diyana, T. N., & Sultoni, A. (2019). Student’s and Instructor’s Perception toward the Effectiveness of E-BBQ Enhances Al-Qur’an Reading Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 51–68. https://eric.ed.gov/?id=EJ1220223

Hanafi, Y., Murtadho, N., Ikhsan, M. A., Saefi, M., & Diyana, T. N. (2019). Literasi Al-Qur’an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid. Delta Pijar Katulistiwa.

Hartati, M., Ario, F., Nurhafni, N., Imayanti, R., & Adrian, Y. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA Tahun 2020 (Edisi Revisi). Direktorat Sekolah Menengah Atas. http://repositori.kemdikbud.go.id/20561/

Hikmah, N., Jalil, A., & Anggraheni, I. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an di SMA Darul Ulum 3 Unggulan Peterongan Jombang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1–9. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7071

Kemendikbud, S. G. L. S. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (2nd ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/panduan-bagi-gerakan-literasi-di-sekolah/

Khotimah, H. (2021). Teknik Membaca Al-Quran Melalui Drilling Dan Pembiasaan (Studi Kasus di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah). EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/ed.v5i2.3926

Kurniawan, M. A., Nuryana, Z., Yuliana, A. T. R. D., & Rahman, A. (2021). Innovative Learning Strategies and Methods to Overcome Difficulties in Reading the Qur’an. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 9(2), 140–151. https://doi.org/10.26555/almisbah.v9i2.3908

Leavy, P. (Ed.). (2014). The Oxford Handbook of Qualitative Research. Oxford University Press.

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te : Jurnal Studi Islam, 14(1), 18–35. https://doi.org/10.19109/medinate.v14i1.2362

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.

Mufid, M. A. M. M. A. (2016). Penerapan Metode Reading Aloud dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Pelajaran BTQ Kelas X di SMA Ma’arif NU Pandaan. Mafhum, 1(2), 199–218. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/233

Muhaemin, M., & Mubarok, R. (2020). Upgrade Kompetensi Guru PAI Dalam Merespon Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 75–82. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.80

Nurhidin, E. (2017). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstual Dan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. KUTTAB, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i1.95

Penyusun, T. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. TIM GLN Kemendikbud.

Prasetiawati, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 131–146. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389

Prothero, S. (2009). Religious Literacy: What Every American Needs to Know--And Doesn’t. Harper Collins.

Rafi, M. (2021, May 3). Indeks Literasi Al-Qur’an di Indonesia dan Nasihat Quraish Shihab. Tafsir Al Quran | Referensi Tafsir di Indonesia. https://tafsiralquran.id/indeks-literasi-al-quran-di-indonesia-dan-nasihat-quraish-shihab/

RI, P. (2007). Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. BSNP. https://bsnp-indonesia.org/nomor-16-tahun-2007/

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Sholekah, D. D. (2022, February 5). Wawancara 1, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri (E. Nurhidin, Interviewer) [Personal communication].

Sholekah, D. D. (2022, March 27). Wawancara 3, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri (E. Nurhidin, Interviewer) [Personal communication].

Sholekah, D. D. (2022, March 31). Wawancara 4, Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri (E. Nurhidin, Interviewer) [Personal communication].

Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. PT. RajaGrafindo Persada.

Sofyan, N., & H, H. S. (2019). Strategi Pembelajaran Al-Quran di Ma’had Al-Jami’ah UIN Ar-Raniry Banda Aceh. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(1), Article 1. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i1.531

Surawan, S., & Fatimah, C. (2021). Peran Guru PAI Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Literasi Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106. https://doi.org/10.30659/jpai.4.2.%p

Taruna, M. M. (2011). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Analisa: Journal of Social Science and Religion, 18(2), 180–196. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i2.132

Ulinuha, P. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAI pada Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 89–107. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1732

Uswah, F. (2021). Drill and Practice Methods: Peningkatan Kemampuan Menghafal Surah Al-Fatihah pada Siswa MIN Buol. Jurnal Pendidikan Madrasah, 6(2), 117–124. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.62-15

Zamani, Z., & Maksum, M. S. (2009). Menghafal Al-Qur’an itu Gampang. Mutiara Media.

Zein, A., Mardianto, M., & Ariefky, H. (2021). Program Literasi Al Quran di Sekolah (Studi Kasus di SD Islam Al-Amjad Kota Medan). JALIE; Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(2), 224–241. https://doi.org/10.33754/jalie.v5i2.359

Zulaiha, E., & Busro, B. (2020). Ekses Ketidaktuntasan Pembelajaran Baca Tulis Alquran terhadap Peningkatan Kuantitas Buta Huruf Arab di Kalangan Pelajar SMA/SMK Umum di Kota Bandung. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 4(2), 259–274. https://doi.org/10.29240/alquds.v4i2.1770

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nurhidin, E. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Literasi Membaca Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.136

Issue

Section

Articles