Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Melalui Kompetensi Sosial Guru PAI DI MIS NU 2 Pontianak

Authors

  • Fatimah Nur Wasilah IAIN Pontianak
  • Abdul Mukti Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Nur Hamzah Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1637

Abstract

Abstract: Religious moderation education is crucial for children from the moment they start elementary school to nurture their ability to apply religious moderation principles in their daily lives. The foundation of religious moderation education for children is embedded through within their family and school settings. This study used a qualitative descriptive research methodology. The data was collected through observation and interview techniques, books and journals relevant to the research topic. The results of this study identified the pivotal role of PAI teachers in instilling religious moderation values in MIS NU 2 Pontianak students. For examples through effective guidance and mentorship in religious moderation practices and incorporating religious moderation activities and discussions into PAI lessons.

Abstrak: Pendidikan moderasi beragama sangat penting bagi anak-anak sejak mereka mulai masuk sekolah dasar untuk menumbuhkan kemampuan mereka menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Landasan pendidikan moderasi beragama bagi anak tertanam melalui lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara, serta buku dan jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini mengidentifikasi peran penting guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di MIS NU 2 Pontianak. Misalnya melalui bimbingan dan pendampingan yang efektif dalam praktik moderasi beragama serta memasukkan kegiatan dan diskusi moderasi beragama ke dalam pembelajaran PAI. Guru sebagai komunikator yang harus mampu berkomunikasi dan menyampaikan pemahaman tentang moderasi beragama kepada peserta didiknya, guru juga berperan sebagai pegawai suatu lembaga yang memberikan contoh kepada peserta didiknya bagaimana bersikap sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam moderasi beragama, guru berperan sebagai penguasa dan transmitter yang mengatur para peserta didik dan memberikan ide-ide yang bagus dalam menerapkan sikap moderasi beragama pada peserta didiknya disekolah.

References

Acep Saefuddin, Cecep Sumarna. 2023. “Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Abad 21.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(6). doi: 10.5281/ZENODO.7769740.

Alam, Masnur. 2018. “Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci.” Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 18(1).

Albana, Hasan. 2023. “Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 9(1):49–64. doi: 10.18784/smart.v9i1.1849.

Alim, Muhamad Syaikhul, dan Achmad Munib. 2021. “Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah.” Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas 9(2):263. doi: 10.31942/pgrs.v9i2.5719.

AR, Samsul. 2020. “Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama.” Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies 3(1):37–51. doi: 10.36835/al-irfan.v3i1.3715.

Chadidjah, Sitti, Agus Kusnayat, Uus Ruswandi, dan Bambang Syamsul Arifin. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pai: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah Dan Tinggi.” Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal 6(1):114–24. doi: 10.51729/6120.

Fauzi, Ahmad. 2018. "Moderasi Islam, Untuk Peradaban dan Kemanusiaan." Jurnal Islam Nusantara 2.2.

Gunawan, Heri, Mahlil Nurul Ihsan, dan Encep Supriatin Jaya. 2021. “Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal 6(1):14–25. doi: 10.15575/ath.v6i1.11702.

Harismawan, Ahmad Alvi, Moch Hafid Alhawawi, Binti Nurhayati, dan Faizin Muflich. 2022. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(3).

Kementerian Agama RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Lessy, Zulkipli, Anisa Widiawati, Daffa Alif Umar Himawan, Fikri Alfiyaturrahmah, dan Khairiah Salsabila. 2022. “Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 3(02):137–48. doi: 10.52593/pdg.03.2.03.

Maharani, Mega Selvi, dan Yessi Rahmaniar. 2023. “Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 8(1):51. doi: 10.29240/belajea.v8i1.6436.

Manik, Emi Teresia, dan Dorlan Naibaho. 2023. “Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 2(4).

Mazrur, Surawan, dan Yuliani. 2022. “Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa.” Attractive : Innovative Education Journal 4(2).

Mukaromah, Lu’lu’ul, dan Muhammad Rizky Firmansyah. 2023. “Urgensi Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi).” Fikrah: Journal of Islamic Education 7(2).

Nursaadah, Nia. 2022. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2(1).

Parnawi, Afi. 2018. “Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa.” FENOMENA 10(1):27–40. doi: 10.21093/fj.v10i1.1180.

Rahman, Rini, Anggi Afrina Rambe, dan Murniyetti Murniyetti. 2023. “Nilai-nilai Moderasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas.” FONDATIA 7(3):706–19. doi: 10.36088/fondatia.v7i3.3844.

Rita, Fitria Nova, dan Iswantir Iswantir. 2022. “Metode Guru PAI Mengembangkan Sikap Moderasi Beragama Di SMP N 29 Sijunjung.” Innovative: Journal Of Social Science Research 2(1):493–503. doi: 10.31004/innovative.v2i1.3798.

Riyanto, Ridho. 2022. “Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah).” Hlm. 61–78 dalam International Conference on Islamic Education. Vol. 2. Kudus: IAIN Kudus.

Suherman, Ade Hermansyah, dan Dany Ahmad Jaelani. 2021. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG).” Jurnal ‘Ulumuddin 3(1).

Suryadi, Rudi Ahmad. 2022. “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam.” Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam 20(1).

Published

2023-12-28

How to Cite

Wasilah, F. N., Mukti, A., & Hamzah, N. . (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Melalui Kompetensi Sosial Guru PAI DI MIS NU 2 Pontianak. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2). https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1637

Issue

Section

Articles