Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Melalui Kompetensi Sosial Guru PAI DI MIS NU 2 Pontianak

Authors

  • Fatimah Nur Wasilah IAIN Pontianak
  • Abdul Mukti Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Nur Hamzah Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1637

Keywords:

social competence, religious moderation, islamic education teacher, Moderasi Beragama; Toleransi; Indonesia, kompetensi sosial

Abstract

Abstract: Religious moderation education is crucial for children from the moment they start elementary school to nurture their ability to apply religious moderation principles in their daily lives. The foundation of religious moderation education for children is embedded through within their family and school settings. This study used a qualitative descriptive research methodology. The data was collected through observation and interview techniques, books and journals relevant to the research topic. The results of this study identified the pivotal role of PAI teachers in instilling religious moderation values in MIS NU 2 Pontianak students. For examples through effective guidance and mentorship in religious moderation practices and incorporating religious moderation activities and discussions into PAI lessons.

Abstrak: Pendidikan moderasi beragama sangat penting bagi anak-anak sejak mereka mulai masuk sekolah dasar untuk menumbuhkan kemampuan mereka menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Landasan pendidikan moderasi beragama bagi anak tertanam melalui lingkungan keluarga dan sekolah. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara, serta buku dan jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini mengidentifikasi peran penting guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa di MIS NU 2 Pontianak. Misalnya melalui bimbingan dan pendampingan yang efektif dalam praktik moderasi beragama serta memasukkan kegiatan dan diskusi moderasi beragama ke dalam pembelajaran PAI. Guru sebagai komunikator yang harus mampu berkomunikasi dan menyampaikan pemahaman tentang moderasi beragama kepada peserta didiknya, guru juga berperan sebagai pegawai suatu lembaga yang memberikan contoh kepada peserta didiknya bagaimana bersikap sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam moderasi beragama, guru berperan sebagai penguasa dan transmitter yang mengatur para peserta didik dan memberikan ide-ide yang bagus dalam menerapkan sikap moderasi beragama pada peserta didiknya disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, M. (2018). Peran Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Kemantan Kabupaten Kerinci. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 18(1).

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 9(1), 49–64. https://doi.org/10.18784/smart.v9i1.1849

Alim, M. S., & Munib, A. (2021). Aktualisasi Pendidikan Moderasi Beragama Di Madrasah. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 9(2), 263. https://doi.org/10.31942/pgrs.v9i2.5719

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Syamsul Arifin, B. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Pai: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah Dan Tinggi. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.51729/6120

Fauzi, A. (2018). Moderasi Islam, untuk Peradaban dan Kemanusiaan. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 2(2), 232–244. https://doi.org/10.33852/JURNALIN.V2I2.101

Gunawan, H., Ihsan, M. N., & Jaya, E. S. (2021). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(1), 14–25. https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.11702

Harismawan, A. A., Alhawawi, M. H., Nurhayati, B., & Muflich, F. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI. Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya, 5(3).

Lastri, N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama dalam Membentuk Moderasi Beragama Siswa: Perspektif Siswa dan Guru. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(4). https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/902

Lessy, Z., Widiawati, A., Alif Umar Himawan, D., Alfiyaturrahmah, F., & Salsabila, K. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah Dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 137–148. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.03

Maharani, M. S., & Rahmaniar, Y. (2023). Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 51. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6436

Manik, E. T., & Naibaho, D. (2023). Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4).

Mazrur, Surawan, & Yuliani. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2).

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mukaromah, L., & Firmansyah, M. R. (2023). Urgensi Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Fikrah: Journal of Islamic Education, 7(2).

Nursaadah, N. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1).

Parnawi, A. (2018). Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. FENOMENA, 10(1), 27–40. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1180

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.36835/FALASIFA.V12I02.569

Rahman, R., Rambe, A. A., & Murniyetti, M. (2023). Nilai-nilai Moderasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas. FONDATIA, 7(3), 706–719. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i3.3844

Riyanto, R. (2022). Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar (Madrasah). International Conference on Islamic Education, 2, 61–78.

Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6). https://doi.org/10.5281/ZENODO.7769740

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suherman, Hermansyah, A., & Jaelani, D. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Melalui Kelompok Kerja Guru (KKG). Jurnal ‘Ulumuddin, 3(1).

Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1).

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Wasilah, F. N., Mukti, A., & Hamzah, N. . (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Melalui Kompetensi Sosial Guru PAI DI MIS NU 2 Pontianak. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 7(2), 173–184. https://doi.org/10.30762/ed.v7i2.1637

Issue

Section

Articles