UPAYA KIAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING

Authors

  • Moh. Tasi’ul Jabbar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Wahidul Anam Prodi PAI, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kediri
  • Anis Humaidi Prodi PAI, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.446

Keywords:

Kiai, The ability to read the book of yellow, Kemampuan membaca kitab kuning

Abstract

Abstract: Kiai is essentially a title given to someone who has knowledge in the field of religion in this case Islam. For that researchers focused research on: 1) How kiai efforts in improving the ability to read the book yellow santri? 2) What are the factors that support and inhibit the improvement of reading ability of yellow book students ?. Type of research in this thesis is using qualitative approach with case study research design. All data obtained from observation, interview and documentation. Data analysis is done by examining all existing data, data reduction, checking data validity, observation persistence and triangulation. From the research that has been conducted, the research results are 1) Efforts in improving the reading ability of yellow book students, 2) Supporting factors and obstacles are The management of boarding school and Madrasah Diniyah boarding schools are very helpful in the learning process.

Abstrak: Kiai pada hakikatnya adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang mempunyai ilmu dibidang agama dalam hal ini agama Islam. Untuk itu peneliti menfokuskan penelitian pada: 1) Bagaimana upaya kiai dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri? 2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri?. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil penelitian yaitu, 1) Upaya dalam peningkatan kemampuan membaca kitab kuning santri, 2) Faktor pendukung dan penghambatnya adalah Adanya kepengurusan pondok pesantren dan kepengurusan Madrasah Diniyah yang sangat membantu dalam proses pembelajaran 

References

Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.

Arifin, M.. 1999. Kapita Selekta Pendidikan dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Bawani, Imam. 1993. Tradisionalosme Dalam Pendidikan Pesatren. Surabaya: Khias.

Daradjat, Zakiah. 1995. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: Ruhama.

Djamaluddin dan Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Ghazali, M. Bahri. 2001. Pendidikan pesantren berwawasan lingkungan: kasus Pondok Pesantren An-Nuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hadi,Syamsul,FaktoryangMempengaruhiKualitas,http://hadirukiyah.blogspot.com.di akses tanggal 19 juli 2014.

Isjoni. 2006. Gurukah yang di Permasalahkan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustofa, A. dan Abdullah Aly. 1998. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Qomar, Mujamil. Tt. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi . Jakarta: Erlangga.

Rita Mariyana dkk. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Shafique Ali Khan. 2005. Filsafat Pendidikan Al-Ghazali. Surakarta: Pustaka Setia.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Tim Derektorat Jendral Kelembagaan Agama Islam. 2003.

Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Ditpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.

Downloads

Published

2017-02-28

How to Cite

Jabbar, M. T., Wahidul Anam, & Anis Humaidi. (2017). UPAYA KIAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.30762/ed.v1i1.446

Issue

Section

Articles