Pengembangan Kurikulum di SD Program Khusus Muhammadiyah Bayat, Klaten

Authors

  • Awal Aqsha Nugroho Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ratna Etikasari A Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.526

Keywords:

pengembangan kurikulum, PAI, SD Muhammadiyah PK Bayat

Abstract

Abstract: Each component that composes the curriculum is related to each other, so that in the process of curriculum development must get the same attention. This study aims to determine the development of PAI curriculum in SD Muhammadiyah PK Bayat in terms of principles, factors, approaches, organizations, and evaluation of curriculum development and problems that hinder the development of the PAI curriculum. at SD Muhammadiyah PK Bayat. The subjects in this study were principals, curriculum staff and PAI teachers of SD Muhammadiyah PK Bayat. Data obtained from SD Muhammadiyah PK Bayat through interviews, observation and documentation. Based on the research that the development of the PAI curriculum in Muhammadiyah Elementary School PK Bayat was carried out with 4 components namely goals, material, methods and evaluation. Judging from the principles used in the curriculum development of SD Muhammadiyah PK Bayat, the principle is goal oriented, principle of relevance, principle of continuity/continuity, principle of flexibility, principle of lifelong learning, and the principle of synchronization is very relevant. Judging from the factors of curriculum development in universities, the community, and the value system it greatly influences the curriculum development of Muhammadiyah Elementary School PK Bayat. In developing the curriculum the principal together with the teacher together contribute to achieving the school’s goals. The problem faced in developing PAI curriculum at Muhammadiyah Elementary School PK Bayat lies in the limited availability of PAI teachers in schools.

Abstrak: Setiap komponen yang menyusun kurikulum saling berhubungan satu sama lain, sehingga dalam proses pengembangan kurikulum harus memperoleh perhatian yang sama besarnya. Komponen-komponen tersebut yaitu komponen tujuan, isi, metode, serta komponen evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum PAI di SD Muhammadiyah PK Bayat ditinjau dari prinsip, faktor, pendekatan, organisasi, dan evaluasi pengembangan kurikulum dan masalah yang menghambat pengembangan kurikulum PAI di SD Muhammadiyah PK Bayat. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum serta guru PAI SD Muhammadiyah PK Bayat. Data yang diperoleh dari SD Muhammadiyah PK Bayat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian bahwa pengembangan kurikulum PAI di SD Muhammadiyah PK Bayat terlaksana dengan 4 komponen yaitu tujuan, materi, metode dan evaluasi. Ditinjau dari prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan kurikulum SD Muhammadiyah PK Bayat yaitu prinsip berorientasi pada tujuan, prinsip relevansi, prinsip kontinuitas/ berkesinambungan, prinsip fleksibilitas, prinsip belajar seumur hidup, dan prinsip sinkronisasi sudah sangat relevan. Ditinjau dari faktor pengembangan kurikulum perguruan tinggi, masyarakat, dan sistem nilai hal tersebut sangat mempengaruhi pengembangan kurikulum SD Muhammadiyah PK Bayat. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum SD Muhammadiyah PK Bayat adalah kombinasi dari pendekatan subjek akademis, pendekatan humanistis, pendekatan teknologis, dan pendekatan rekonstruksi sosial. Bentuk organisasi kurikulum SD Muhammadiyah PK Bayat menggunakan corelated curiculum. Dalam pengembangan kurikulum kepala sekolah bersama dengan guru sama-sama berkontribusi guna mencapai tujuan sekolah. Masalah yang dihadapi dalam pengembangan kurikulum PAI di SD Muhammadiyah PK Bayat terletak pada terbatasnya ketersediaan guru PAI di sekolah.

References

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek.

Bandung: Remaja Rosdakarya. 1997. Sugiyono, Metode Penelitian pendekatan kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009.

Sukiman. Dasar Prinsip Dan Faktor Pengembangan Kurikulum. Mata kuliah Pengembangan Kurikulum. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Uin Sunan Kalijaga. 2007

Sutrinso Hadi. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Ofset. 1992.

W Waurance Neuman. Metodelogi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuatitatif. Jakarta: PT Indeks. 2013

Downloads

Published

2018-07-01

How to Cite

Nugroho, A. A., & Etikasari A, R. . (2018). Pengembangan Kurikulum di SD Program Khusus Muhammadiyah Bayat, Klaten. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 2(2), 163–171. https://doi.org/10.30762/ed.v2i2.526

Issue

Section

Articles