Implementasi Aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember

Authors

  • Imron Fauzi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Yusron Irfa’ud Darojat Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.242

Keywords:

Innovation, Learning Media, Holy Quran, reading Quran, writing Quran

Abstract

Abstract: The purpose of the study is analyzing the results of the implementation of technology based learning media in learning Quran, that is through Holy Quran. This research method used descriptive qualitative with the type of case study research and data analysis techniques of the interactive model of Miles and Huberman. The result of the study shows that students can use Holy Quran application in the implementation of learning Quran, including reading Quran in accordance with the existing ‘makharijul huruf’ and ‘tajwid’, writing and understanding Quran both lexically and grammatically. Some of the advantages are (1) in the form of an application that can be run on a computer or smartphone which is very flexible, like accessable everywhere, everytime and everypeople; (2) make everything easier for user, esspesially for students in SMP Plus Darush Sholah Jember in understanding Quran through existing features, such as the theme search fitures, the tajwid and makharijul huruf fitures in reading Quran, and also the random lafadz fitures which makes it easier for students in memorizing Quran; (3) accustoming student to type Arabic letters in implementing fitures, and (4) motivating students to master Islamic Religious Education subject, considering that the majority of the Quran, through the conveniences in the Holy Quran application.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil implementasi dari media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran al-Quran melalui aplikasi Holy Quran. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus serta teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi berupa aplikasi Holy Quran dalam pelaksanaan pembelajaran al-Quran, meliputi membaca al-Quran sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid yang ada, menulis dan memahami al-Quran baik secara makna leksikal maupun gramatikal. Beberapa kelebihan yang ada adalah (1) berbentuk aplikasi yang bisa di komputer atau smartphone yang sangat flexible, yakni bisa diakses dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun; (2) memberikan kemudahan bagi pengguna, khususnya siswa SMP Plus Darussholah Jember dalam memahami al-Quran melalui fitur-fitur yang ada, seperti fitur pencarian tema, fitur tajwid dan makharijul huruf dalam membaca al-Quran serta fitur acak lafadz yang memudahkan siswa ketika menghafal ayat-ayat al-Quran; (3) membiasakan siswa dalam mengetik huruf Arab dalam mengimplementasikan fitur serta (4) memberikan motivasi kepada siswa untuk menguasai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengingat mayoritas materi yang ada adalah al-Quran, melalui kemudahan-kemudahan dalam aplikasi Holy Quran.

References

Akyun, I. Q., Aminah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Al-Qur’an melalui Aplikasi Program Holy Qur’an Release 6,5 Plus di SMP Plus Darus Sholah Jember. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam. 3(2), 210-226.

Amalia, D. R., & Vatimah, V. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi L- Quran Android Terhadap Motivasi Membaca Al- Quran Pada Siswa SMP Islam Terpadu Al-Falah Muhammadiyah Cilawu Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–8.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1), 88-100. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/61.

Arifin, A., Ma’ruf, F., & Yasin, I. (2020). Efektivitas Belajar Al-Qur’an Dengan menggunakan Aplikasi Hijaiyah Berbasis Budaya Lokal “Nggahi Mbojo” (Bahasa Bima) Pada Lansia di Kabupaten Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 24–30. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.10.

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29-40. Retrieved from http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/198.

Camelia, S. N. D. (2018). Penggunaan Media Holy Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Kelas VIII di SMP Plus Darussholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, IAIN Jember.

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2016). Effects of observing the instructor draw diagrams on learning from multimedia messages. Journal of Educational Psychology, 108(4), 528–546. https://doi.org/10.1037/edu0000065.

Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding FKIP UMC, 3(1), 187-194.

Husein, A. 2020. Al-Qur’an Di Era Gadget: Studi Deskriptif Aplikasi Qur’an Kemenag. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 16 (1): 55–68. https://doi.org/10.21009/jsq.016.1.04.

Inayah, R. (2016). Implementasi Pembelajaran Holy Qur’an Berbasis IT dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Peserta didik di SMP Plus Darus Sholah Tegal Besar Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, IAIN Jember.

Khotimah, H. (2021). Teknik Membaca Al-Quran Melalui Drilling Dan Pembiasaan (Studi Kasus Di MI Al-Irsyad Al-Islamiyyah). Edudeena: Journal of Islamic Religious Education. 5 (2): 125–35.

Khotimah, H., Latipun, L., & Haris, A. (2022). Al-Qur’an Literacy Model in Indonesian Islamic Universities (Case Study at IAIN Kediri, East Java. SINJIE: Salam International Journal of Islamic Education, 1(1): 1–13. https://doi.org/10.22219/sinjie.v1i1.20992.

Maujud, F. (2017). Pembinaan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Sekolah Di Desa Pakuan Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 16(1), 23-32. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v16i1.427.

Miles, M. B. (2014). Qualitatif Data Analysis. United States Qualitativa: Sage.

Muid, A., & Aziz, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis ICT di Mts Manbaul Ihsan Mojopurogede Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. JIPPI: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Islam, 7(2), 149-203.

Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2012)

Mustika, M., Sugara, E. P. A., Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. JOIN: Jurnal Online Informatika, 2(2), 121-126.

Nursamsu, N. & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Peserta didik di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 165-170. Retrieved from https://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/9691.

Nazhifah, D., & Karimah, F. I. (2021). Hakikat Tafsir Maudhu’i dalam al-Qur’an. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 1(3), 368-376.

Olan, O., Idi. A., Zainuru, A., Sandi, A. (2019). Implementasi Aplikasi Al-Qur’an Digital pada Peserta didik Kecanduan Gadget. Nazrhuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 330-349. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i3.797

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., Dangnga, T. (2018). Peran Media dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 5-7.

Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar. (2020). Problematika Pembelajaran AlQur’an di Era Industri dalam Konteks Indonesia. Potensia: Jurnal kependidikan Islam, 6(1), 72-92.

Rindawati, R., Khosyi’Atunnisa, S., & Herlambang, R. (2021). Pemanfaatan TIK dalam Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran di Era Society 5.1. Jurnal Fateksa: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 6(2), 23-31.

Rustiawan, H. (2019). Metode Mendidik (Analisis Kandungan Al-Qur’an Suroh Al-Nahl Ayat 125). Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 7-14.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: Pusaka.

Sari, N., Wahyuningsih, S., Palupi, W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Flanel. Kumara Cendekia, 9(2), 76-85.

Sari, S. D. P. (2015). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information and Communcation Technology) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Workshop Nasional Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suri, D. E. (2019). Problematika Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadits Kelas Rendah di MI Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Malang, Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2).

Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793.

Zahro’, A., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Holy Qur’an Pada Mata Pelajaran Pengembangan Kurikulum PAI dI SMP Plus Darus Sholah Jember. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(2), 243-252. https://doi.org/10.37092/ej.v4i2.346.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Fauzi, I., & Darojat, M. Y. I. . (2022). Implementasi Aplikasi Holy Quran di SMP Plus Darussholah Jember . Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), 174–188. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.242

Issue

Section

Articles