KONSEP URGENSI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN PERMASALAHANNYA

Authors

  • Eko Setiawan Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v3i1.1075

Keywords:

Urgensi, Pendidikan Islam Multikultural, Permasalahan, Urgency, Multicultural Islamic Education

Abstract

Abstract: Basically Multicultural Islamic education is an education whose founding and organizing is inspired by the spirit of multiculturalism, in order to realize a harmonious life. Specifically, multicultural education of Islam is an education based on the joints of Islam who want to explore differences as a necessity. The multicultural education model is an offer of an educational model that carries an ideology that understands, respects, and values the dignity of human beings wherever they are and wherever they come from. Multicultural Islamic education is an inherent desire of all humankind, because it is in need of education model of this multicultural education as a development process that does not recognize the difference of the difference in human interaction. Education that values heterogeneity and plurality, an education that values cultural values, ethnicity, tribe, and religion.

Abstrak: Pada dasarnya pendidikan Islam Multikultural adalah pendidikan yang pendirian dan penyelenggaraanya diilhami oleh semangat multikulturalisme, agar terwujud kehidupan yang harmonis. Secara spesifik, pendidikan Islam multikultural adalah pendidikan yang berlandaskan sendi-sendi Islam yang ingin mengeksplorasi perbedaan sebagai sebuah keniscayaan. Model pendidikan multikultural merupakan sebuah tawaran model pendidikan yang mengusung ideologi yang memahami, menghormati, dan menghargai harkat martabat manusia di manapun dia berada dan dari manapun asalnya. Pendidikan Islam multikultural secara inhern merupakan dambaan semua umat manusia, karena sangat membutuhkan pendidikan model pendidikan multikultural ini sebagai proses pengembangan yang tidak mengenal sekat perbedaan dalam interaksi manusia. Pendidikan yang menghargai heterogenitas dan pluralitas, pendidikan yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan, etnis, suku, dan agama.

References

Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Isam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, HM. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Baidhawy, Zakiyuddin. 2005. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga.

Baidhawi, Zakiyuddin. 2005. Reinvensi Islam Multikultural. Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial.

Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Faqihuddin, Didin. 2011. Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Bandung: Pascasarjana UIN Bandung.

Madjid, Nurcholish. 2006. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Mahfudz, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Makmun, Khariri. 2004. Penguatan Aswaja. Jakarta: BNPT.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Nuansa.

Nata, Abuddin. 2008. Manajemen Pendidikan. Jakata: Kencana.

Parekh, Bikhu. 2000. Rethinking Multcultural: Cultural Diversity and Political Theory. Cambridge: Harvard University Press.

Salatalohy, Fahmi. 2004. Nasionalisme Kaum Pinggiran. Yogyakarta: LKIS.

Suparta, Mundzier. 2008. Islamic Multicultural Education: Sebuah Refleksi atas Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Jakarta: Al-Ghazali Center.

Suyatno. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional dalam Percaturan Dunia Global. Jakarta: PSAP Muhammadiyah.

Syam, Nur. 2008. Tantangan Multikulturalisme Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Tilaar, H.A.R. 2003. Kekusaan Dan Pendidikan Suatu Tinjauan Dan Persepektif Studi Kultural. Magelang: Indonesia Tera.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme, Tantangan Global Masa Depan. Jakarta: Grasindo.

Tim Redaksi. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Tirtaharddja, Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Widagdho, Djoko. 2001. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriatmadja, Rochiati. 2002. Pendidikan Sejarah di Indonesia; Perspektif Lokal, Nasional dan Global. Bandung: Historia Utama Pres.

Yakin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.

Downloads

Published

2019-01-01

How to Cite

Setiawan, E. . (2019). KONSEP URGENSI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DAN PERMASALAHANNYA. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.30762/ed.v3i1.1075

Issue

Section

Articles