KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU

Authors

  • Dewi Susanti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Fartika Ifriqia Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Moh. Rois Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449

Keywords:

Principal Leadership, Teacher Competency, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru

Abstract

Abstract: Forward the retreat of an educational institution is very influential on the leader figure. In the principal education institution has an important role to advance the school in the lead. Basically education consists of several components that affect each other and related to each other. Of these components, the teacher who plays an important role and is the key to the success of education. For that the competence of a teacher should be improved. With the principal component of teachers and principals that play an important role for the advancement of education, the authors are interested to explore the leadership of principals in improving teacher competence, with the focus of research: 1) How the principal’s efforts in improving teacher competence, 3) the principal’s efforts in improving teacher competence ?. From the research results can be concluded, that 1) Efforts principals in improving teacher competence. 2) Factors that support the principal’s efforts in improving teacher competence. 3) Principal inhibiting factors in improving teacher competence.

Abstrak: Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat berpengaruh pada sosok pemimpin. Dalam lembaga pendidikan kepala sekolah mempunyai peran penting untuk memajukan sekolah yang di pimpinnya. Pada dasarnya pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang saling berpengaruh dan berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Dari komponen tersebut, gurulah yang memegang peran penting dan merupakan kunci pokok bagi keberhasilan pendidikan. Untuk itu kompetensi seorang guru harus di tingkatkan. Dengan adanya komponen kepala sekolah dan guru yang sangat berperan penting untuk kemajuan pendidikan, maka penulis tertarik untuk mendalami tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru?, 3) Apa faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru?. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa 1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. 2) Faktor yang mendukung usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. 3) Faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru.

References

Anwar, Sumarsih, dkk, 2007, Kompetensi Guru Madrasah, Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta

Azwar, Saifudin, 2001, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Gaspersz, Incent, 2003, Total Quality Management, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasiran, Moh., tt, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Malang: UIN-Maliki Pres.

Madyawati, http://blogmadyawati.wordpress.com/2013/04/11/kompetensi-profesional-dan-kompetensi-kepribadian/ di akses pada tanggal 5 Mei 2014, jam 07.50.

Maimun, Agus, 2005, Study Tokoh, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, Lexy J., 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa, E., 2006, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen, 2011, Peningkatan Kompetensi guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahrjo, Mudji,”Pengembangan Kompetensi Guru” http://mudjiraharjo.com/artikel/136-pengembangan-profesional-guru-2.html diakses pada tanggal 12 April 2014, jam 09.00.

Suharsono, Irawan, 1995, Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wahyosumidjo, 2002, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Grafindo Persada.

Zazin, Nur, 2011, Gerakan Menata Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2017-11-29

How to Cite

Susanti, D., Ifriqia, F., & Rois, M. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449

Issue

Section

Articles