PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH

Authors

  • Miftakhul Rohman Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Muhammad Yasin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Iwan Marwan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.450

Keywords:

Learning Activity, Learning Outcomes, Adobe Flash Media, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Adobe Flash

Abstract

Abstract: Based on preliminary observation note that, in learning activities, teachers deliver materials with power point media less attract students to be active, this is seen only passive students in learning activities. Such activities make students less motivated. The purpose of this study is 1) Describe the implementation of student learning jurisprudence through the application of Adobe Flash media. 2) Describe the learning activities of jurisprudence students through the application of Adobe Flash media. 3) Describing the results of study of jurisprudence of students of Blitar City through the application of Adobe Flash media on basic competence “Explaining the provisions of inheritance law in Islam.” Based on the results of research can be concluded that the application of Adobe Flash media can improve the activity and learning outcomes of students, apply and develop Adobe Flash media in learning jurisprudence with material Explain the provisions of inheritance law in Islam more deepened.

Abstrak: Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa, pada kegiatan pembelajaran, guru menyampaikan materi dengan media power point kurang menarik siswa untuk aktif, hal ini terlihat siswa hanya pasif dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan yang demikian membuat siswa kurang termotivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fiqih siswa melalui penerapan media Adobe Flash. 2) Mendeskripsikan aktivitas belajar fiqih siswa melalui penerapan media Adobe Flash. 3) Mendeskripsikan hasil belajar fiqih siswa Kota Blitar melalui penerapan media Adobe Flash pada kompetensi dasar “Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam.” Berdasarkan hasil penelian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Adobe Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fiqih siswa, untuk itu disarankan agar guru menerapkan dan mengembangkan media Adobe Flash dalam pembelajaran fiqih dengan materi Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam yang lebih diperdalam. 

References

Ali, H. Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung, Pecetakan Sinar Baru Algensido Offset, 2004).

Al-Qardawy, Yusuf, Fiqih Praktis Bagi Kehidupan Modern, (Jakarta: Gema Insani, 2002).

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998).

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994)

Dewi Salma Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008), Cet ke-2.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010).

Djiwandono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2002).

Drs. Mudhoffir, Teknologi Instruksional (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,1996).

Fitri, Diah, Penerapan Media Permainan Celemek Dalam Pengembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Semester 2 RA Perwanida Bandar Kidul Kota Kediri Tahun Pelajaran 2008-2009 Skripsi Tidak Diterbitkan (STAIN KEDIRI,2009).

H. Anawir, M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta: Ciputat Perss, 2002).

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti,1994).

Hamalik, Oemar. Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Kasara, 2005).

Hasan, Chalijah, Dimensi-dimensi Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Al-Ikhlas Indonesia, 1994)http//www.canboyz.co.cc/2010/05/tujuan-dan-fungsi-mata-pelajaran-fiqih-html. Diakses pada tanggal 19 maret 2014.

http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2011/03/definisi-atau-pengertian-adobe-flash.html di akses tanggal 16 Desember 2013 Pukul 08.00 W.I.B

Komsiyah, Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Strip Story Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas III MI Al-Muhtadun Srikaton Papar Kediri Skripsi Tidak Diterbitkan (STAIN KEDIRI, 2009).

Lexy J. Moeloeng, MetodePenelitianKualitatif,(Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001)Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjeptjep Rohendi Rohidi, (Jakarta: UI Press, 1992).

Poerwadarminta, W.J.S.. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002).

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya,1998).

Purwanto, Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Offset, 1995).

R. Ibrahim M, Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: Renika Cipta, 1995).

R. Ibrahim, Nana Syaodih S, Perencanaan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996).

Sadiman, Arief S., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007).

Sudjana, Nana, Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Siswa Baru,1989).

Sunyoto, Andi, Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application, (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010).

Suprayogo, Imam, Metodologi Penelitian Sosial Agama, (Bandung: Remaja Rosda karya, 2001).

Syarif, Mujar Ibnu, Fiqih Syiyasah (Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2008).

Tirtonegoro, Sutratinah, Anak Super Normal dan Program Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1987).

Wahidmurni dan Nur Ali, Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama dan Umum dari Teori Menuju Praktik Disertai Contoh Hasil Penelitian, (Malang: UM Pres, 2008).

Wawancara dengan Waka Kurikulum MAN Kota Blitar, pada hari senin tanggal 17 Maret 2014. Pukul 10.00 W.I.B.

Zuhroh, Aniqotuz, Guru Fiqih, MAN Kota Blitar, wawancara dilakukan pada hari rabu tanggal 2 April 2014, Pukul 10.00 W.I.B

Downloads

Published

2017-11-29

How to Cite

Rohman, M., Yasin, M. ., & Marwan, I. (2017). PENGARUH MEDIA ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 81–88. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.450

Issue

Section

Articles