METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Moh Ismail Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • M. Noer Hadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
  • Salma Sunaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.451

Keywords:

Assignment Method, Student otivation, Metode Penugasan, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Abstract: Based on the results obtained a conclusion that Assignment Method Class XII PAI included in the category enough. It is based on the acquisition of real score with the average value (Mean) are 130.86. While the student's motivation is also in fair category based on the acquisition value of the average (mean) of 116.55. Based on calculations of influence, it can be deduced that there is a strong and significant influence between the Assignment Method on the students motivation in class XII PAI. The magnitude of the influence coefficient is 0.616, while the result obtained significant effect of value amount 10.2858. The value is more than equal to 1.654 at 5 percent error rate. While the determination coefficient test result 0,37,94. this means that 37.94 percent of the Assignment Method affect class XII student motivation on the subjects of Islamic Religious Education.

Abstrak: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan bahwa Metode PenugasanPAI termasuk dalam kategori cukup. Hal ini berdasarkan perolehan real score dengan nilai rata-rata (Mean) sebasar 130,86. Sedangkan motivasi belajar siswa juga dalam kategori cukup berdasarkan perolehan nilai rata-rata (mean) sebesar 116,55. Berdasarkan hasil perhitungan pengaruh, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara Metode Penugasan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Besarnya koefisien pengaruh adalah 0,616, sedangkan hasil signifikansi pengaruh didapatkan nilai thitung sama dengan 10,2858. nilai tersebut lebih besar dari ttabel sama dengan 1,654 pada tingkat kesalahan 5 persen. Sedangkan pada pengujian koefisien determinasi diperoleh hasil 0,37,94. hal ini berarti bahwa sebesar 37,94 persen Metode Penugasan mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 

 

References

------, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Hajar, Ibnu. Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: raja grafindo persada , 2010.

------. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester SKS. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Abdul, Rahman Shaleh. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Ahmadi, Abu, Joko Prasetya. SBM (Strategi Belajar Mengajar) untuk Fakultas TarbiyyahAlipandie Imansjah. Buku Pegangan Guru: Dikdaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional, 2005.

Alisuf, Sabri. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2006.

Aminudin, Pardi Yatim, Muhammad Suyono, Slamet Abidin.Pendidikan Agama Islam kurikulum 2004 Kelas 1 SMA. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.

ArikuntoSuharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rhineka Cipta, 2006.

Bahri Djamarah, Syaiful, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Bahri Djamarah, Syaiful.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Balai Pustaka.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen dan Kebudayaan, 2009.

Daradjat, Zakiah dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Departemen Agama RI.Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2002.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Imansjah, Alipandie. Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional, 2004.

Ivor, K. Davies. Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2006.Komponen MKDK. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2007.

Kurikulum PBM. Jakarta: Grafindo Persada, 2005.

Majid, Abdul, Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetens. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (off set), 2005.

Makmun, Syamsuddin Abin. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rienika Cipta, 2006.

Muhaimin, Suti’ah, Nur Ali. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya offset, 2004.

Namsa,Yunus.Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2004.

Nashar.Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press, 2004.

Oemar, Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Pasaribu, Simandjuntak. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2006.

Pendukung dan Beberapa Komponen Layanan Khusus. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Subroto Suryo. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1997.

Rahman Abdul, Shaleh. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Roestiyah. Didaktik Metodik. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Sabri, Alisuf. Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2006.

Salim, Peter, Yenny salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Pers, 2011.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2006.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2005.

Subana. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2006.

Subroto Suryo. Proses Belajar Mengajar di Sekolah : Wawasan Baru, Beberapa MetodeSudjana Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sujana Nana. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Syamsuri. Pendidikan Agama Islam Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2006.

Team Pembina Mata Kuliah Didaktik Metodik IKIP Surabaya. Pengantar Didaktik MetodikUndang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 pasal 3, 2006.

UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press, 2008.

Wijayanti Maghfira. “Motivasi Salah Satu Upaya Peningkatan Mutu Belajar Siswa,” Buletin Pusat Pembukuan Depsiknas, vol. 10, 2004.

Yahya Yudrik. Wawasan Kependidikan. Jakarta: Depdiknas Departemen Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Pendidikan, 2007.

Yunus, Namsa. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009.

Zakiah, Daradjat dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2017-11-29

How to Cite

Ismail, M., Hadi, M. N., & Sunaiyah, S. (2017). METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN PAI. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 89–99. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.451

Issue

Section

Articles