PEMBELAJARAN PKN MELALUI BERITA DI MEDIA MASSA

Authors

  • Puji Santoso MAN 3 Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.453

Keywords:

PKN, MAN kelas X, In The News, Motivasi, Motivation

Abstract

Abstract: The students in class X 2 of MAN 3 Kediri generally consider PKN less important lesson. As a result, the students are reluctant to know the material. In class, they become passive, unexcited, and have difficulty in understanding the material of PKN given by the teacher. Therefore, special learning strategyis needed to enhance students’ motivation to learn PKN materials. Learning strategy in this study is “In The News”. The procedure of“In The News approach” is that students are divided into groups in which each group has to bring articles, headlines, editorials or certain caricatures as teachers expected. Each group chooses one article of their interest to be presented and discussed; Another student noted the key points of the presentation the discussion. The research data shows that an increase in students’ motivation and comparedto the results of the previous and the last cycle. Thus we can conclude that from the aspect of affective (motivation) approaches used have positive impact.

Abstrak: Para siswa, di kelas X-2 MAN 3 Kediri, umumnya menganggap pelajaran PKN kurang penting. Akibatnya adalah siswa menjadi tidak mau tahu akan materi PKN. Di kelas, kondisi siswa menjadi pasif, tidak bersemangat, dan kesulitan memahami materi pelajaran PKN yang diberikan oleh guru. Oleh sebab itu, diperlukan strategi pembelajaran khusus yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran PKN. Strategi pembelajaran dalam penelitian ini adalah “In The News”. Prosedur dari pendekatan “In The News” adalah siswa dibagi menjadi kelompok; setiap kelompok membawa artikel, pokok berita, editorial atau karikatur tertentu sesuai dengan yang diperintah guru; setiap kelompok memilih satu artikel yang menarik untuk dipresentasikan dan didiskusikan; siswa yang lain mencatat poin-poin penting dari presentasi diskusi tersebut. Data dalam penelitian memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan motivasi siswa dibandingkan antara hasil prasiklus dan siklus terakhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dilihat dari aspek afektif (motivasi) pendekatan yang digunakan dapat berdampak positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham H. Maslow. 1994. Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia).Jakarta : PT. PBP.Ames.

Carole A. 1990. Motivation: What Teachers Need To Know. Teachers College Record, Vol 91(3)

Christiana Demaja. 2004. Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Artikel. http://artikel1.us/christiana6-04.html.

Colquitt, J.A., LePine, J.A., dan Noe, R.A. 2000. Toward an integrative theory of training motivation: a meta-analytic path analysis of 20 years of research. Journal of Applied Psychology. 85. pp.678–707.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya.Dipdiknas: Jakarta.

Kirkpatrick, D. L. 1998. Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berrett-Koehler Publisher, Inc: San Francisco.

Linda, S.Lumsden. 1994. Makalah Motivasi Belajar Siswa (alih bahasa) http//translate,google.co.id/translate?hl=idxu=http:learn2study.org/teachers/motivation, htm diakses 12 maret 2013.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2003.Psikologi Pendidikan. Rosda Karya Remaja: Bandung.

McClelland, D. Power: the inner experience. New York: Irvington Publishers.

Morgan GA, Yarrow LJ, Klein RP, Lomonaco S,. Cognitive and motivational development in early childhood. In: Friedlander BZ, Sterritt GM, Kirk GE, editors. Exceptional Infant: Assessment & Intervention. 2. New York, United States: Brunner/Mazel, Inc; 1975. pp. 491–502.

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. 2007. Educational Assessment of Students (5 ed.).Pearson Education, Inc.: United States of America.

Pardjono, dkk. 2007. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Lembaga Penelitian UNY: Yogyakarta.

Rakhmad, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Rasyid, Harun dan Mansur. 2007.Penilaian Hasil Belajar.CV. Wacana Prima: Bandung.

Sholahuddin. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif Learning http://sholahuddin.edublogs.org/2010/05/03/strategi-pembelajaran-active-learning-2/ (diakses 20 Februari 2013).

Silberman, Mel. 2012. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Diterjemahkan oleh Raisul Mutaqqien. Penerbit Nuansa: Bandung.

Slavin. R E. 2000. Educational Psychology, Theory and Practice. Allyn & Bacon United State of America.

Sobry Sutikno, Jurnal Peran Guru Dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa, Kamis, 12 November 2009. www.depdiknas.go.id.

Soemanto, Wasty. 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.

Steers, Richard M., & Porter, Lyman W. 1987. Motivation and Work Behavior.

Strauss, Anselm., Juliet Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Teknik, dan Teori. Bina Ilmu: Surabaya.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/09/12/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/ (diakses 21 Februari 2013).

Sudrajat, Akhmad. 2008.Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Online diakses dihttp://www.psb-psma.org/content/blog/pengertian-pendekatan-strategi-metode-teknik-taktik-dan-model-pembelajaranpada tanggal 12Februari 2011.

Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara: Jakarta.

Surya, M. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. PPB-IKIP Bandung: Bandung.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa: Jakarta.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Prenada Media Group: Jakarta.

Winardi. 1992. Manajemen Prilaku Organisasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Woolfolk A. (1995). Educational Psychology, 6th edition. USA: Allyn and Bacon.

Zakiyah Drajat, dkk, Metodik Khusus PengajaranAgama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Downloads

Published

2017-11-29

How to Cite

Santoso, P. . (2017). PEMBELAJARAN PKN MELALUI BERITA DI MEDIA MASSA. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.453

Issue

Section

Articles