METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah)

Authors

  • Nila Lukmatus Syahidah Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.2105

Keywords:

Demonstration Method, Material of PAI Teaching and Learning, Materi Pembelajaran PAI, Metode demonstrasi

Abstract

Abstract: It is important for a teacher to choose a right approach and method for teaching a material in their subject. By right choosing approach and method, the learning process will be conducted effectively, the students get suitable learning experiences and the learning competencies can be reached.The goal of this study is to know the benefits of teaching material of PAI especially about animal slaughter for Grade 9 of SMP Al-Muhafizhoh and corpse care for Grade 12 of SMK Islam Blitar city using demonstration method. This study is not only searching about the benefits, but also the applying process and the obstacles. This study is conducted by qualitative design. The data is collected by observation, interview and documentation. This study shows that there are positive impacts of applying demonstration method for teaching PAI especially aboout animal slaughter and corpse care. The students could understand and memorize the material or concept easily. They get a complex learning experience, not only reading the material, but all of their sensories are involved. Whole process demonstration is applied to both of objects. There are some princips to apply demonstration methode well, they are about plan and preparation, application and evaluation. About the obstacle, teacher must be aware of media and cost.

Abstrak: Pentingnya pertimbangan dalam memilih pendekatan dan metode dalam pembelajaran, menjadi aspek yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajarkan sebuah materi sehingga tercapai pembelajaran yang efektif, memberi pengalaman belajar dan tercapai kompetensi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui manfaat dari penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi penyembelihan hewan pada kelas IX SMP Al-Muhafizhoh dan Pengurusan Jenazah pada kelas XII SMK Islam Kota Blitar. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui proses penerapan metode demonstrasi serta kendala yang muncul. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Dengan melaksanakan penelitian ini, diperoleh fakta bahwa dengan penerapan metode demonstrasi, memberi dampak positif terhadap capaian pembelajaran. Siswa lebih mudah mengingat materi dan memperoleh kesempatan untuk melihat, mengamati serta terlibat langsung dalam kegiatan demonstrasi sesuai materi serta mendapatkan pengalaman belajar yang lebih lengkap. Tipe demonstrasi yang diterapkan adalah demonstrasi seluruh proses.Selain itu diperoleh gambaran hal-hal yang prinsip dalam penerapan metode demonstrasi meliputi persiapan, kontrol dan evaluasi serta kendala-kendala yang harus diantisipasi, baik berupa media maupun biaya.

References

A., A. N. R. (2019). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/ MTs IX. Penerbit Intan Pariwara.

Afandi, M. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Pres.

Ahmad Barizi, & Idris, M. (2010). Menjadi Guru Unggul (III). Ar-Ruzz Media.

Al-Asfahaniy, A. bin al-H. bin A. (n.d.). Fathul Qorib. Pustaka Al-Alawiyah.

Analia, R. E. (2010). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Pai Dengan Materi Sholat ( Penelitian Di SDN Kersamenak II Tarogong Kidul ). 32-38.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III (Pertama). Kencana.

Blitar, M. A. S. I. 1. (2018). Materi Ubudiyah.

Chingombe Shamiso Iline, C. S. I. (2013). Impacts of the Demonstration Method in the Teaching and Learning of Hearing Impaired Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 12(1), 48-4. https://doi.org/10.9790/0837-1214854

Darajat, Z. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Daryanto. (2009). Demonstrasi sebagai Metode Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Fahyuni, E. F. (2016). Psikologi Belajar & Mengajar Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif. Nizamia Learning Center.

Haidir, & Salim. (2012). Strategi Pembelajaran Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Transformatif (Rusmiati (ed.)). Perdana Publishing.

Hatimah, I. (2016). Pembelajaran Berwawasan Masyarakat (1st ed.). Universitas Terbuka.

Mulyadi. (2009). Classroom Management (A. N. Kawakip (ed.); 1st ed.). UIN Malang Press.

Nashr, S. A. (2018). Pengantar Fiqih Jenazah. Rumah Fiqih Publisher.

Noah Ekeyi, D. (2013). Effect of Demonstration Method of Teaching on Students' Achievement in Agricultural Science. World Journal of Education, 3(6), 1-7. https://doi.org/10.5430/wje.v3n6p1

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Rianto, M. (2006). Bahan Ajar Diklat Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Jenjang Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (1st ed.). RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara.

Supriadi, D. (2005). Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Rajawali Pres.

Yasin, M. (2009). Psikologi Perkembangan Dilengkapi Epittome dan Panduan Pemanfaatannya (A. Anwar (ed.); 1st ed.). STAIN Kediri Press.

Yogyakarta, B. P. K. A. D. I. (2010). BImbingan Keagamaan Bagi Masyarakat. Bidang Penamas.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Syahidah, N. L. . (2020). METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN PAI (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah). Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(1). https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.2105

Issue

Section

Articles