HUBUNGAN TADARUS AL-QUR'AN DENGAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR'AN

Authors

  • Khoerunnisa Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • E Bahruddin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v4i2.2260

Keywords:

Tadarus, Membaca al-Qur'an, kelancaran membaca al-Qur'an

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan membaca al-Qur'an sebelum proses pembelajaran di SMAN 1 Kota Bogor, dan untuk mengetahui hubungan kegiatan membaca al-Qur'an sebelum proses pembelajaran dengan kemampuan membaca al-Qur'an siswa SMAN 1 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Korelasional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 2 maret hingga 10 maret 2020 Teknik pengambilan sampel ini adalah simple random sampling kepada 63 siswa. Instrument penelitian adalah angket dan tes kompetensi membaca al-Qur'an. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi peson setelah terlebih dahulu dilakukan uji persyarat yaitu uji normalitas. Hasil pengujian normalitas data menggunakan uji korelasi dapat dilihat antara variabel X dan variabel Y memiliki koefisien korelasi sebesar 0,378 atau 0,378 ≥ α = 0,04, yang artinya jika dilihat dari interpretasinya ternyata terletak di antara 0.20 hingga 0.399. Maka berdasarkan hipotesis, dalam penilitian ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat hubungan kegiatan membaca al-Qur'an sebelum proses pembelajaran dengan kemampuan membaca al-Qur'an siswa.

References

Al Halim , A. Adibudin; W. N. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Melalui Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Qoidah Baghdadiyah Ma'a Juz Amma. Jurnal Tawadhu, 2(1), 490 - 504.

Annuri , Ahmad; Bahruddin, Ending. (2014). Dalam Pembaharuan Sistem Pengajaran Baca Al-Qur'an. Ta'dibuna jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 85 - 99.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, R. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca al-Qur'an Pada Anak Attention Deficith Disorder Melalui Mtode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis. Pendidikan Usia Dini, 7(2).

Fauzan, A. H. (2015). Pola Pembinaan Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Ar-Risalah, 13(1), 19-29.

Kurnia, A. (2017). Implementasi Metode Al-Hidaiyah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an. Jurnal Tatsqif, 70.

Poetri , Maulida; Bahruddin, Ending. (2019). Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Di MTS AL-Muasyarah Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan, 689.

Prameswati, L. N. (2019). Analisis Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa MTS Dalam Prespektif Taksonomi Bloom. Jurnal Edudeena, 3(2), 69-78.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif ,Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta, cv.

Mansur, H. (2009). Lebih Dekat Dengan Al-Qur'an. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan Minat Baca. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian (Cara Mudah Melakukan Penelitian). Bogor: Uika Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian ( Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Reneka Cipta.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Ihsan, Muhammad. (2018) Efektifitas Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 Sragen Tahun Pelajaran 2017/2018. Surakarta : Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Published

2020-12-30

How to Cite

Khoerunnisa, & Bahruddin, E. (2020). HUBUNGAN TADARUS AL-QUR’AN DENGAN KELANCARAN MEMBACA AL-QUR’AN. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(2). https://doi.org/10.30762/ed.v4i2.2260

Issue

Section

Articles