PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS KELAS IV DI MI HIDAYATUL ULUM

Authors

  • Ika Wahyu Nurdiana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Husniyatus Salamah Zainiyati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v4i2.2191

Keywords:

Mobile Learning, Android, Al-Qur'an Hadits, Qur'anic Subjects Hadith

Abstract

Abstract: Development of Mobile Learning Media Based on Android Learning in Al-Qur'an Class Hadith in Class IV at MI Hidayatul Ulum is based on the rapid development of technology in this day and age, especially in the field of telecommunications equipment. Among the sophisticated communication tools, namely smartphones that have begun to offer a lot with the aim to support our daily needs. Android-based smartphones are so popular that they reach students. Therefore, students are better off using a smartphone for learning media when at home. In the application in this study contains the material, sample questions, learning videos and evaluation exercises. The research method used is the Research and Development (R&D) method with the process of development using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Development research on this model is only carried out until the Development stage. Because the research objectives are only limited to developing and producing an application in a valid learning media. In reality, in this learning media for al-Qur'an subjects the Hadith is still very minimal. Therefore, it is necessary to develop an Android-based Mobile Learning learning media to answer the challenges of the globalization era that puts information technology in a practical and enjoyable way. This study aims to describe the procedures for developing Android-based mobile learning media in the subjects of the Qur'an grade Hadith IV at MI Hidayatul Ulum and to determine the effectiveness, attractiveness, ease and usefulness of android-based mobile learning learning media on the subjects of the Qur'an Hadith class IV at MI Hidayatul Ulum. The subjects in this study were teachers, students and parents. While the data collection uses a questionnaire, interview guidelines, documentation and observation sheets.

Abstrak: Pengembangan Media Pembelajaran Bergerak Berbasis Pembelajaran Android dalam Hadis Kelas Al-Qur'an di Kelas IV di MI Hidayatul Ulum didasarkan pada perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang ini, terutama di bidang peralatan telekomunikasi. Di antara alat komunikasi canggih, yaitu smartphone yang sudah mulai menawarkan banyak dengan tujuan untuk mendukung kebutuhan kita sehari-hari. Smartphone berbasis Android sangat populer sehingga menjangkau siswa. Oleh karena itu, siswa lebih baik menggunakan smartphone untuk belajar media saat di rumah. Dalam aplikasi dalam penelitian ini berisi materi, pertanyaan sampel, video pembelajaran dan latihan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan proses pengembangan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Penelitian pengembangan pada model ini hanya dilakukan sampai tahap Pengembangan. Karena tujuan penelitian hanya sebatas mengembangkan dan memproduksi aplikasi dalam media pembelajaran yang valid. Pada kenyataannya, dalam media pembelajaran ini untuk mata pelajaran al-Qur'an, Hadits masih sangat minim. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Android untuk menjawab tantangan era globalisasi yang menempatkan teknologi informasi dalam cara yang praktis dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran seluler berbasis Android pada mata pelajaran tingkat Hadits IV Qur'an di MI Hidayatul Ulum dan untuk mengetahui efektivitas, daya tarik, kemudahan dan kegunaan media pembelajaran pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Hadis Qur'an kelas IV di MI Hidayatul Ulum. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan orang tua. Sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner, pedoman wawancara, dokumentasi dan lembar observasi.

References

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3, 57-62.

Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Belina, E. P., & Batubara, F. R. (2013). Perancangan dan Implementasi Aplikasi E-Learning versi Mobile Berbasis Android, IV, 76-81.

Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwantoro, dkk. (2013). Mobile Searching Objek Wisata Pekanbaru Menggunakan Location Base Service (LBS) Berbasis Android. Jurnal Politeknik Caltex Riau, I, 177.

Fatimah, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA-Fisika Smartphone Berbasis Android Sebagai Penguat Karakter Sains Siswa. Jurnal Kaunia, X No. 1, 59-64.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2019). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal Premiere Educandum: Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, II No.2, 103-110.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran: Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Jurnal Pendidikan Vokasi, III No.1, 92.

Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 2, 53-58.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, III No.1.

Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 8, 81-88.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhidayat, B., Wedi, A., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Berbasis Smartphone Android Materi Huruf Madura untuk SD Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 6, 103-110.

Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pembelajar Unggul Era Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, V No.2, 50-56.

Wilson, M., & Bolliger, D. . (2013). Mobile Learning: Endless Possibilities For Allied Health Educators. Journal Of Diagnostic Medical Sonography, 29, 220-224.

Wirawan, P. W. (2011). Pengembangan Kemampuan E-Learning Berbasis Web Ke Dalam M-Learning. Jurnal Masyarakat Informatika, II No. 4, 22-23.

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (R. Al Hana, Ed.). Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Nurdiana, I. W., & Zainiyati, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS IV DI MI HIDAYATUL ULUM. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 4(2). https://doi.org/10.30762/ed.v4i2.2191

Issue

Section

Articles