FLIPPED CLASSROOM SOLUSI MELEJITKAN LOGICAL MATHEMATICAL INTELLIGENCES SISWA DIKALA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.2741Keywords:
Flipped Classroom, Logical Mathematical Intelligence, PandemiAbstract
Abstract: The pandemic case causes the shift on the regulation of education in Indonesia therefore, the world needs qualified humans who do not only take part yet create new civilizations. The pandemic era however cannot be mentioned as an obstacle to the learning process. Nowadays in millenial era, the awareness of the importance of knowledge is increased. Flipped Classroom, the media used to transfer the material is applied not only at school but home. In addition, tasks are also worked eithe at home or school. In this case, schools become secondary place where the independence aspect of students become teachers’ main focus thus Flipped Classroom is appropriately applied in this pandemic situation. The main focus of this study are: first, the implementation of flipped classroom combined with map strategy of Hanidifa’s imagination at MA al-Quran La Raiba Hanifida. Second, the application of Flipped Classroom that can improve logical mathematical intelligence skills in fiqh subject. By this research, it is proven that Flipped Classroom can provide the ability to focus, critical attitude and independence skill that can be used as learning model solutions. In this study, the researcher used a qualitative approach. The type of research chosen by the researcher is a case study
Abstrak: Pandemi mengakibatkan pergeseran tatanan pendidikan di Indonesia, selaras dengan hal itu dunia membutuhkan manusia yang berkualitas, yang tidak hanya mengisi peradaban tapi menciptakan peradaban baru. Pandemi tidak bisa menjadi penghambat proses pembelajaran. Memasuki era millenium, kesadaran akan pentingnya pengetahuan semakin meningkat. Flipped Classroom, penyampaian materi yang umumnya dilakukan di sekolah, ini dilakukan di rumah. Sedang pengerjaan tugas yang biasanya dilakukan di rumah, dilakukan di sekolah. Dalam ranah ini sekolah menempati posisi sekunder, dimana kemandirian anak menjadi fokus utama sehingga cocok diaplikasikan dalam situasi pandemi. Fokus penting hasil penelitian ini yakni: pertama, pelaksanaan flipped classroom di MA al-Quran La Raiba Hanifida dikombinasikan dengan strategi peta imajinasi Hanifida. (mind mapping), presentasi dan penyampaian pendapat secara tegas dan kritis). Kedua, contoh pengaplikasian flipped clasroom yang dapat meningkatkan kemampuan logical mathematical intelligence pada mata pelajaran fiqih. Guru menyampaikan topik, siswa mencari materi secara individu di asrama dan ketika di kelas, menyampaikan pendapat dan sudut pandangnya, peran guru tidak lain mengarahkan untuk anak bisa berfikir secara tepat dan kritis dalam memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang dipilih peneiti yakni studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi komunikasi. Dalam hal menganalisa data ini, peneliti mengambil apa yang dikemukakan oleh Miles and Huberman, prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui kredibilitas data dan dependabilitas data dan konfirmabilitas data.
Downloads
References
Al-Qur'an Al-Karim.
Abdul Haq, Ahmad Mubarok, Formulasi Nalar Fiqih Telaah Kaidah Fiqh Konseptual, Lirboyo: Khalista Surabaya, 2005.
Amir, M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan, Jakarta: Bencana Prenada Media Group, 2009.
Amy Roehl, The Flipped Classroom: An Oppurtunity To Engage Millenial Student, Jurnal Internasional Christian University Of Texas, 2013.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta : 2009
Armstrong, Thomas Menerapkan Multiple Intelligences Di Sekolah, terj. Yudhi Murtanto dan Rina S. Marzuki Bandung: PT Mizan pustaka, 2004.
Cahya Suryana, "Data dan Jenis Data", Maret, 2010
Departemen Agama RI al-qur'an dan Tafsir perkata kode Arab: Juz 1 sampai juz 30, Bekasi, PT ikrar Mandiri Abadi, 2007.
Hanifudin Mahadun dan Khoirotul Idawati, PITULAR; 7 Pilar Menggapai Kesuksesan, Jombang : Hanifida, 2018.
Johan Nasution, Bhader. metode penelitian ilmu hokum, Mandar Maju, Bandung: 2008
Kurniawan, Gita Erlangga Hsigh Order Thinking Skill Kemampuan Berpikir Kreatif Kritis Kreatif Dan Pemecahan Masalah, Malang: multimedia edukasi, 2020.
Lexy J Moleon, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung: 2014.
M. Musrofi, Cara Gampang Menemukan Bisnis Hebat, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.
Muzyka, Jennifer L. dan Chritopher S. Luker, The Flipped Classroom; Background and Challenges, Oxford University Press, Washington DC: 2016.
Nanang Qosim, "Apa Itu HOTS", Beritagar, 20 (April 2018)
Novis Damayanti, Herry 1 dan Sutama, 2016 Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk 6ISSN: 1907-4034 Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 11, No. 2, Januari 2016.
Nurdiana, Eva. 2014. Apakah Multiple Intelligence itu?. Kompas. Rubrik Wawasan: 6 (kol 2).
Pus A Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, (t.t.: Arkola, t.th).
Rakhmat, Jalaluddin. Belajar Cerdas, MLC, Bandung: 2005.
Santoso, D. Begini Mencetak Dokter Profesional , Airlangga University Press, Surabaya: 2010.
Sinar, Metode Aktif Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Deepublish : Yogyakarta, 2008.
Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan; Tradisional, Neo-liberal Marxis Sosialis, Postodern Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2010.
Widiasworo, Erwin Cerdas Pengelolaan Kelas Panduan Mewujudkan Pembelajaran Efektif Dan Berkualitas Di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2018.
Yusri, Flipped Classroom, Catatan Guru Besar, Jakarta: 2004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.