ANALISIS KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN SISWA MTS DALAM PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM

Authors

  • Laudria Nanda Prameswati Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v3i2.1736

Keywords:

Baca dan Tulis Al-Qur’an, konsep Taksonomi Bloom, tabel Taksonomi Bloom, Read and Write Al-Qur’an, Taxonomi Bloom’s concept, Taxonomi Bloom table

Abstract

Abstract: Along with the development of the times, more and more alquran literacy needs. The demands of alquran’s literacy skills have become one of the spreading phenomena still limited at first to know, to understand, and to plan actionabout management expecially, Read and Write Al-Quran (RWQ) education in the Islamic Junior High School Nurul Islam Bence. The study is intended to describe and analyze the learning method in reading and writing the Qur’an in the perspective of multiple intelligences theory. The study uses qualitative approach and is conducted through library research. Analysis process of the study follows the main steps such as: 1) collecting the references related to the learning method of reading and writing the Qur’an and multiple intelligences theory 2) reviewing the variety of the learning method in reading and writing the Qur’an 3) analyzing the learning method of reading and writing the Qur’an in the taxonomi Bloom 4) inferring the conclusion. Taxonomy bloom is one measurement of learning objectives. Taxonomy bloom makes it easier for teachers to measure students’ abilities.

 

Abstrak: Seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak kebutuhan literasi alquran. Tuntutan keterampilan literasi alquran telah menjadi salah satu fenomena penyebaran yang masih terbatas pada awalnya untuk mengetahui, memahami, dan merencanakan tindakan tentang manajemen khususnya, pendidikan Baca dan Tulis Al-Quran (RWQ) di Sekolah Menengah Islam Nurul Islam Bence. Studi ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan menganalisis metode pembelajaran dalam membaca dan menulis Al-Qur’an dalam perspektif teori kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan melalui penelitian kepustakaan. Proses analisis penelitian mengikuti langkah-langkah utama seperti: 1) mengumpulkan referensi terkait dengan metode pembelajaran membaca dan menulis Alquran dan teori kecerdasan majemuk 2) meninjau beragam metode pembelajaran dalam membaca dan menulis Al-Qur’an 3) menganalisis metode pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an dalam taksonomi Bloom 4) menyimpulkan kesimpulan. Taksonomi Bloom adalah salah satu ukuran tujuan pembelajaran. Taksonomi Bloom memudahkan guru untuk mengukur kemampuan siswa.

References

Abbasian, Gholam-Reza, Saeid Maskukian, dan Islamic Azad Uniersity. “Schemata Building Role of Teaching Word History in Developing Reading Comprehension Ability” 2, no. 2 (t.t.): 26.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, dan David R. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Berthold-Losleben, Mark, Ute Habel, Anne Kathrin Brehl, Jessica Freiherr, Katrin Losleben, Frank Schneider, Katrin Amunts, dan Nils Kohn. “Implicit Affective Rivalry: A Behavioral and FMRI Study Combining Olfactory and Auditory Stimulation.” Frontiers in Behavioral Neuroscience 12 (18 Desember 2018): 313. https://doi.org/10.3389/fnbeh.2018.00313.

Chamidi, Agus Salim, IAINU Kebumen, dan Tutik Rodhianna. “Upaya Penguatan Manajemen Pendidikan Baca Tulis Al Quran (BTQ) (Studi Di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kutowinangun)” 2, no. 1 (2018): 16.

Darmawan, I Putu Ayub, dan Edy Sujoko. “Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom.” Satya Widya 29, no. 1 (5 Juni 2013): 30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p30-39.

Farida, Erlina. “Kemampuan Baca-Tulis Al Qur’an dan Penguatan Agama Siswa Madrasah Tsanawiyah di 8 Kota Besar di Indonesia.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 11, no. 3 (1 Desember 2013). https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i3.419.

Hanifah, Hanni, Darlen Sikumbang, dan Berti Yolida. “Hubungan Antara Kualitas Pertanyaan Siswa Berdasarkan 78 Vol. 3 No. 2 Juli 2019 | 69-78 Taksonomi Bloom Dengan Hasil Belajar Siswa,” t.t., 12.

Ishaq, Ahmad Hanifuddin, dan Ruston Nawawi. “ILMU TAJWID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ILMU QIRA’AH.” QOF 1, no. 1 (15 Juni 2017): 15–24. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926.

Juhanda, Aa. “ANALISIS SOAL JENJANG KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BIOLOGI SMA,” t.t., 6.

Kurnia, Agus. “Implementasi Metode Al Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Jurnal Tatsqif 15, no. 1 (28 Juni 2017): 69–96. https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1309.

Kusuma, Selvia Ferdiana, dan Rinanza Zulmy Alhamri. “Generating Indonesian Question utomatically Based on Bloom’s Taxonomy Using Template Based Method.” Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control 3, no. 2 (17 September 2018): 145. https://doi.org/10.22219/kinetik.v3i2.650.

Kusuma, Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ Di TPQ/TPA Di Indonesia.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (30 Desember 2018) .https://doi.org/10.18860/ jpai.v5i1.6520.

Laurencelle, Louis. “The Discriminating Capacity of a Measuring Instrument: Revisiting Bloom (1942)’s Theory and Formula.” The Quantitative Methods for Psychology 10, no. 1 (1 April 2014): 5–12. https://doi.org/10.20982/tqmp.10.1.p005.

Mufidah, Luk-luk Nur. “Pendidikan Afektif Dan Implikasinya Terhadap Model Dan Desain Pembelajaran” 4 (2009): 13.

Ode, Rasid, dan Kasriana Kasriana. “Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal- Soal Pecahan BerdasarkanTaksonomi Bloom dan Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Negeri Rappocini.” Matematika Dan Pembelajaran 6, no. 2 (29 Desember 2018): 172. https://doi.org/10.33477/ mp.v6i2.668.

Peñeñory, Victor, Cristina Manresa-Yee, Inmaculada Riquelme, Cesar Collazos, dan Habib Fardoun. “Scoping Review of Systems to Train Psychomotor Skills in Hearing Impaired Children.” Sensors 18, no. 8 (3 Agustus 2018): 2546. https://doi.org/10.3390/s18082546.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Solichin, M Muchlis. “Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif” 2 (2007): 16.

Sutarto, Sutarto. “Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 2 (28 Desember 2017): 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331.

Trisoni, Ridwal. “STRATEGI PENCAPAIAN TUJUAN-TUJUAN AFEKTIF,” t.t., 12.

Wismanto, Agus. “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Menggunakan Taksonomi Bloom Mulai Dari Versi Lama Sampai Versi Revisi,” t.t., 16.

Yumira, Ira. “Peran Pendidikan Baca Tulis Al-Quran Sebagai Muatan Lokal Dalam Upaya Membentuk Karakter Kepribadian Siswastudi Di SMP Tri Bhakti Nagreg” 1, no. 2252 (2012): 17.

Zulkarnain, Iskandar, dan S Ip. “Pendidikan Indonesia: Dari Hegemoni Dan Kuasa Pengetahuan Ke Pendangkalan Kemanusiaan,” t.t., 8

Downloads

Published

2019-07-01

How to Cite

Nanda Prameswati, L. . (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN SISWA MTS DALAM PERSPEKTIF TAKSONOMI BLOOM. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 3(2), 69–78. https://doi.org/10.30762/ed.v3i2.1736

Issue

Section

Articles