Peran Orang Tua Work From Home Dalam Memenuhi Hak Pendidikan Anak di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Hulaimi Azhari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fatihatul Anhar Azzulfa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Afnan Riani Cahya Ananda Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.2986

Keywords:

The role of parents, Work from home, Covid-19

Abstract

Abstract: The role of parents greatly assist children in the learning process. The Covid-19 pandemic has spread throughout the archipelago therefore it has had a considerable effect, including in the education sector.The government makes a policy to conduct online learning as an effective learning system to stop the spread of the virus. Online learning becomes a major factor to reimplement the role of family, mainly parents. The purpose of this study is to find out how parents work from home in providing learning assistance to children during the pandemic era, which is basically the responsibility of family, especially parents.This study used qualitative data presented in verbal form with data sources in the form of interviews and literature of constitution. The study shows that the role of parents working from home to meet the children’s education rights during Covid-19 pandemic was not yet fully implemented, because there are many challenges, such as children’s learning schedules which mismatche with their parents’ work schedule, thus parents work from home less participate in supervising and progrssively assisting their childrens’ learning process.

Abstrak: Peran orang tua sangat membantu anak-anak dalam proses pendampingan belajar di era Covid-19 ini. Pandemi Covid-19 telah mewabah ke seluruh penjuru nusantara sehingga memberikan efek yang cukup besar, termasuk pada sektor pendidikan. Pemerintah memberi kebijakan untuk melaksanakan pembelajaran daring guna memutus penyebaran virus. Pembelajaran secara daring menjadi faktor utama dilaksanakan ulang peran keluarga khususnya peran orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua work from home dalam melakukan pendampingan pada anak selama pandemi berlangsung yang pada dasarnya menjadi tanggung jawab elemen keluarga khususnya orang tua. Penelitian ini memakai data kualitatif dan berbentuk verbal dengan sumber data bberupa hasil wawancara dan literatur perundang-undangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran aktif orang tua work from home dalam memenuhi hak pendidikan anak di era pandemi Covid-19 belum sepenuhnya dilaksanakan, karena terdapat banyak hambatan yang mengiringinya seperti proses belajar anak berbenturan dengan jadwal pekerjaan orang tuanya, sehingga orang tua work from home kurang berpartisipasi dalam melakukan pengawasan serta pendampingan pada proses pembelajaran anak sedang berlangsung.

References

Absor, M. Ulil. "Penanganan Anak Dalam Masa Tanggap Darurat Bencana Alam: injauan Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Perlindungan Anak", Jurnal Dakwah, Vol. XI, No. 1 (2011).

Aji, Rizqon Halal Syah. "Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran", Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, Vol. 7, No. 5 (2020).

Ali, Zezen Zainul dan Elfa Murdiana. "Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19", JSGA, Vol. 02, No. 01 (2020).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), h. 854.

Fitri, Anissa dkk. "Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak", Prosiding Riset & PKM, Vol. 2, No. 1 (2015).

Iftitah, Selfi Lailiyatul dan Mardiyana Faridhatul Anawaty. "Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19", JCE (Journal of Childhood Education), Vol. 4, No. 2 (2020).

Kurniati, Euis Dina Kusumanita Nur Alfaeni dan Fitri Andriani. "Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19", Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2020).

Kuswanti, Ana dkk. "Manajemen Komunikasi Keluarga Saat Pandemi Covid-19", Salam; Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, Vol. 7, No. 8 (2020).

Lilawati, Agustien. "Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah Pada Masa Pandemi", Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2020).

Maisuri. "Fungsi Keluarga Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Anak", Skripsi, Universitas Teuku Umar Aceh, 2013.

Mardiya. Kiat-Kiat Khusus Membangun Keluarga Sejahtera (Jakarta: BKKBN Pusat, 2002).

Mufidah. Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender (Malang: UIN-MALIKI PRESS, 2013).

Peraturan Pemerintah No 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan Dan Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana Dan Sistem Informasi Keluarga.

Purwanto, Agus dkk. "Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar", Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1 (2020).

Sapitri, Evilda. Pembagian Peran antara Suami Istri dan Implikasinya Terhadap Keharmonisan Keluarga (Aceh: UIN Ar-Raniry, 2017).

Sarwono, Sarlito Wirawan. Teori-Teori Psikologi Sosial (Jakarta: Rajawali Pers, 2015).

Satria, A. Install Ulang Tata Kehidupan. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/308107-install-ulang-tata-kehidupan di akses 19 November 2020.

Siregar, Juliandi. Firmansyah dan Ridwan A. Sani. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Tinjauan Perspektif (D.I. Yogyakarta: Mbridge Press, 2020).

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar (Jakarta: Rajawali, 1982).

Suhardono, Edy. Teori Peran Konsep Derivasi dan Implikasinya (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1994).

Susilowati, Ellya. Covid-19 Pandemi Dalam Banyak Wajah (Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2020).

The New Oxford Illustrated Dictionary (Oxford University Press, 1982).

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika dan Hetty Krisnani. "Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19", Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 7, NO. 1 (April, 2020).

Wiresti, Ririn Dwi. "Analisis Dampak Work From Home Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19", Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1 (2020).

https://www.worldometers.info/coronavirus/#countries di akses 19 November 2020

Zezen Zainul Ali, Darurat Sipil VS Karantina Wilayah, Mana yang Lebih Efektif?, dalam http://kronika.id/darurat-sipil-vs-karantina-wilayah-mana-yang-lebih-efektif/ di akses pada 19 November 2020

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Azhari, H. ., Azzulfa, F. A., & Ananda, A. R. C. (2021). Peran Orang Tua Work From Home Dalam Memenuhi Hak Pendidikan Anak di Era Pandemi Covid-19. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 5(1), 21–32. https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.2986

Issue

Section

Articles