IMPLEMENTASI APLIKASI EDMODO SEBAGAI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MI AZZAINIYAH II GRINTING PAITON PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.30762/ed.v5i1.3191Keywords:
Edmodo, Pembelajaran daring,, online learningAbstract
Abstract: The spread of pandemic in the world, especially in Indonesia, has disrupted all sectors including the education sector. The existence of social distancing due to the spread of the Covid-19 virus requires humans to maintain a distance from one another. For this reason, in order for education to continue, the government has established learning activities from home which is known as online learning. Online learning functions as a liaison between teachers and students so that they can continue to carry out teaching and learning activities. One of the applications that can be used in online learning is the Edmodo application, a learning platform based on social networks that can be downloaded easily on the Google Playstore or the APP market application on an Android device. This study aims to determine the implementation of the Edmodo application in MI Azzainiyah. The research subjects were students at MI Azzainiyah Paiton. This research uses descriptive qualitative research, which explains how the Edmodo application is applied in the institution.
Abstrak: Mewabahnya pandemi di dunia, terutama di Indonesia membuat semua sektor terganggu termasuk sektor Pendidikan. Adanya social distancing akibat merebaknya virus covid-19 mengharuskan manusia menjaga jarak antar satu dengan yang lain. Untuk itu, agar pendidikan tetap berlangsung, pemerintah menetapkan pembelajaran dari rumah yang dikenal dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antara guru dan siswa agar tetap bisa melakukan kegiatan belajar mengajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring adalah aplikasi edmodo, salah satu platform pembelajaran yang berbasis jejaring sosial yang dapat didownload dengan mudah di google playstore ataupun aplikasi APP market pada perangkat android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aplikasi edmodo di MI Azzainiyah. Subjek penelitian adalah peserta didik MI Azzainiyah Paiton. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu menjelaskan bagaimana penerapan aplikasi edmodo di lembaga tersebut.
Downloads
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ekayati, R., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Edmodo, A. (2018). IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING BERBASIS. 4(2), 50-56.
Fahrurrozi, M., & Majid, M. A. (2017). Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sman 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1), 57. https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.459
Kristiani, D. (2016). E-learning dengan Aplikasi Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank, 36-45.
Lampuhyang, J., Mutu, L. P., Agama, S., & Amlapura, H. (2020). https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang. 11(2), 13-25.
Musiafa, Z., Kom, S., & Kom, M. (2017). Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. 8(2), 108-117.
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155-165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129
No Title. (2020). 1-3.
Ompusunggu, V. D. K., & Sari, N. (2019). Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere, 3(2), 58-66. https://doi.org/10.36764/jc.v3i2.250
Pembelajaran, P., Edmodo, E. B., Guru, B., & Dasar, S. (2020). Jurnal abdidas. 1(1), 1-6.
Purbasari, I., Ismaya, E. A., & Suryani, N. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS APLIKASI MOBILE LEARNING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. 2015, 97-106. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p97
Rachmayanti, I., & Arifin, M. (n.d.). BAHASA ARAB BERBASIS DARING DI PKPBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG THE EDMODO IMPLEMENTATION ON ONLINE ARABIC LANGUAGE LEARNING AT PKPBA UIN MAULANA MALIK IBRAHIM. 3, 99-110.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639-643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Tanjungkarang, S. D., & Kudus, J. (n.d.). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI EDMODO BAGI PESERTA DIDIK Fitria Novita Sarie , S . Pd ., M . Pd . PENDAHULUAN Menjamurnya Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan COVID-19 membuat pengalaman baru dalam dunia . 2, 249-254.
Zaman, F. F., Safruddin, C., & Jabar, A. (2020). Pelaksanaan program Edmodo di sekolah dasar. 8(1), 96-107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.