Implementasi Metode Mind Mapping dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara Online

Authors

  • Laudria Nanda Prameswati IAIN Kediri
  • Gilang Permata Sari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Ali Anwar Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.342

Keywords:

Mind Mapping Method, Online, SKI subject

Abstract

Abstrack: The purpose of the study was to determine the implementation of the mind mapping method when applied in the Islamic cultural history (SKI) learning to online learning, the challenges, as well as the advantages and disadvantages of this method when applied online in MAN 1 Kota Kediri. This research uses qualitative research with a descriptive approach. Three data collection techniques used in this study were interviews, observation, and documentation. The result of this study describes the implementation of the mind mapping method in online SKI subjects that can be applied, even though there are challenges from implementing this method online. The challenges the reseacrhers faced werestudents’ attempt to cheat, unstable internet access, limited learning time, students' enthusiasm, and the advantages and disadvantages of this method when applied online.This study is limited because it only describes one school in Kediri city, which is MAN 1 Kota Kediri. The results of this study werehelpful as an illustration of the application of the mind mapping method during online learning and a reference for future research.

Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi, tantangan, kelebihan dan kekurangan dari metode mind mapping ketika diterapkan dalam mata pelajaran SKI pada pembelajaran online di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tiga teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menggambarkan implementasi dari metode mind mapping dalam mata pelajaran SKI secara online yang dapat diterapkan meski terdapat tantangan dari pelaksanaannya antara lain: terdapat kecurangan pada peserta didik, akses internet yang kurang stabil, keterbatasan waktu pembelajaran, dan antusias peserta didik. Kelebihannya adalah berisi catatan ringkas, dan melatih kreativitas sedangkan kekurangannya adalah tidak semua peserta didik telaten dalam membuat mind mapping, tidak detail, membutuhkan waktu yang lama untuk guru mengoreksi. Penelitian ini terbatas karena hanya menggambarkan satu sekolah yang ada di kota Kediri, yaitu MAN 1 Kota Kediri. Hasil penelitian ini berguna sebagai gambaran tentang penerapan metode mind mapping pada saat pembelajaran online berlangsung dan rujukan untuk penelitian di masa mendatang.

References

Afri, Evan, dan Muhammad Khoiruddin Harahap. 2019. “Increasing TOEFL Score Using Mind Mapping Method.” Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature and Language Teaching 3(2):7.

Agustini, Ketut, dan Jero Gede Ngarti. 2020. “Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D.” Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1):12.

Alanshori, M. Zainuddin, dan Faiqoh. 2018. “Peningkatan Mutu Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Media Mind Mapping di SMP Islam Tanfirul Ghoyyi Lamongan.” Akademika 12(1):10.

Annisa, Rizki, Wawan Prasetyo Heryanto, Ani Rusilowati, dan Bambang Subali. 2018. “Peningkatan Daya Ingat dan Hasil Belajar Siswa dengan Mind Mapping Method pada Materi Listrik Dinamis.” Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 3(1):5.

Anwar, Ali. 2018. “Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren.” Syarif Hidayatullah Cyber Pesantren. Diambil (https://syahidacyberpesantren.wordpress.com/).

Arif, Solihuddin. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di MA Manba’ul Qur-An Mojokerto.” Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Astuti, Desi Rahmy. 2018. “Meningkatkan Daya Ingat Siswa dengan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling 4(1):12.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

DePorter, Bobby, dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Dodi, Limas. 2013. “Metode Pengajaran Nahwu Shorof (Berkaca dari Pengalaman Pesantren).” Tafaqquh vol.1(1):23.

Elfrianto, Irfan Dahnial, dan Bahdin Nur Tanjung. 2020. “The Competency Analysis of Principal Against Teachers in Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic.” Jurnal Tarbiyah 27(1):16.

Elita, Upik. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1(2):6.

Fahrudin, Ahmad, dan Arbaul Fauziah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemampuan Literasi, Keaktifan, dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Sains dalam Al-Qur’an di IAIN Tulungagung.” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education 4(2):10.

Foster, Beatriz Reyes, dan Aimee de Noyelles. 2018. “Using the Photovoice Method to Elicit Authentic Learning in Online Discussions.” Journal of Teaching and Learning with Technology 7(1):20. doi: 10.14434/jotlt.v7n1.23596.

Marbun, Purim. 2020. “Disain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid-19.” CSRID Journal 12(2):14. doi: 10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.

Maryamah. 2014. “Teknik Mind Mapping dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Adabiyah II Palembang.” Ta’dib XIX(2):15.

Nurhabibah, Sarah. 2021. “Penerapan Metode Mind Mapping Berbasis Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan 30(1):10.

Rohman, Arip Abdul. 2016. “Penerapan Pembelajaran Kooperatifmata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Purwokerto.

Rosyida, Syilvia Febriana. 2018. “Penerapan Metode Mind Map Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Man 2 Lamongan.” Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Malang, Malang.

Setyawati, Fitria Eka, Mohammad Afifulloh, dan Lia Nur Atiqoh. 2019. “Penerapan Metode Mind Mapping dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang.” JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1(2):9.

Solichin, M. Muchlis. 2007. “Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif.” Tadris 2(1):10.

Sri, Handayani, dan Chodidjah Makarim. 2018. “Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Perwira-Kota Bogor.” Attadib Journal Of Elementary Education 2(1):12.

Ulum, M. Syahrul, dan Jati Pamungkas. 2020. “Analisis Kritis Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid 19 (Solusi Menyelamatkan Masa Depan Anak-Anak Indonesia).” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah vol 2(1):19

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Prameswati, L. N., Sari, G. P. ., & Anwar, A. (2022). Implementasi Metode Mind Mapping dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) secara Online. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30762/ed.v6i1.342

Issue

Section

Articles